Jumlah Hotel di Balikpapan Berbanding Terbalik dengan Okupansi

Yulidar Gani Ketua PHRI Balikpapan
BALIKPAPAN — Perhotelan dan restoran Kota Balikpapan tahun ini tumbuh signifikan, meski perekonomian melambat. Hal ini terilhat dengan jumlah hotel dan restoran yang terus bertambah. Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) kota Balikpapan, Yulidar Gani tahun ini ada lima hotel yang meramaikan sektor perhotelan di Balikpapan.
 “Sebut saja tahun ini ada lima. Diantaranya hotel Platinum, Quest Hotel, Herli dan Whizz ini yang dibuka sepanjang tahun 2015,” katanya, Rabu (11/11/2015).
Dari data yang dihimpunnya, lanjut Yulidar kini yang bergabung dalam PHRI kota Balikpapan sebanyak 70 hotel dan restoran.
 “Tambahnya jumlah hotel karena sudah terencana dalam pembangunan yang sebelumnya sudah terlaksana,” terang Yulidar.
Namun hal tersebut tidak diikuti dengan dengan tingkat hunian. Diakuinya saat ini ada penurunan okupansi sekitar 20-30 persen. Penurunan itu sangat signifikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini karena banyak PHK di sektor migas maupun pertambangan. 
Upaya yang dilakukan untuk menutupi penurunan okupansi tersebut dengan beberapa hal yang dilakukan seperti dengan bekerjasama pihak pemerintah dalam kegiatan Event, Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition. Apalagi Balikpapan memiliki visi dan misi menjadikan sebagai kota MICE. 
Selain itu, pihaknya juga meminta kepada pemerintah juga meningkatkan sektor wisata dan perekonomian di Balikpapan karena ini bisa mendukung positif pada pertumbuhan dan okupansi hotel.
Di kesempatan yang berbeda, Hotel Platinum Balikpapan menargetkan dapat mencapai tingkat hunian hingga 40% sampai dengan akhir tahun ini.
Direktur Operasional Hotel Platinum Balikpapan H. Sugianto mengatakan hotel bersegmen bintang empat ini pada Oktober kemarin sudah bisa pembukaan trial dan soft opening. 
“Kehadiran Hotel Platinum ini ingin memfasilitasi kebutuhan MICE di Balikapapan yang katanya masih kurang ini. Kami juga akomodir kebutuhan ballroom untuk wedding event. Sekarang ini sudah ada delapan orang yang mengkonfirmasikan menyewa ballroom. Jadi kami optimistis bisa memperoleh target okupansi,” tutup Sugianto.
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Lihat juga...