Kakemenag Maluku: Satker Harus Mampu Efektif Manfaatkan E-MPA

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Fesal Musaad

AMBON — Menyeragamkan pemahaman para pengelola pendidikan. kususnya para oprator di lingkungan madrasah dalam proses penyerapan dan pemanfaatan anggaran, Kemenag maluku gelar kegiatan penguatan Elektonik Monitoring Pelaksanaan (E-MPA) yang akurat dan berbasis digital.
“Seluruh satuan kerja khsusunya para oprator di lingkungan Kemenag Maluku harus mempu bekerja secara efektif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam menyajika data atau laporan  yang baik,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Maluku, Fesal Musaad saat membuka penguatan E-MPA di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Kamis (26/11/2015)
Dikatakan, bila penyerapan anggaran yang disampaikan melalui laporan sesuai data dari para oprator baik, maka itu menunjukan kinerja Kemenag Maluku baik. Sebaliknya, jika tidak maka hasilanya akan sebaliknya.
Sacara nasional dalam laporan penyerapan anggaran Kemenag Maluku  berada di urutan 11 nasional dalam laporan M-MPA, kedepan harus diupayakan agar nilai rata-rata bisa menyamai atau bahkan melebehi standar nasional.
“Pada 2016 mendatang kita akan bergerak cepat dalam penyerapan anggaran di setiap satker, sehingga dari sisi pengelolaan dan penyerapan anggaran akan meningkat dan terus membaik,” Kata Fesal.
Sementara itu, Ketua Panitia penguatan Elektonik Monitoring Pelaksanaan (M-MPA) tahun 2015, Kemenag Provinsi Maluku,  M. Sodik dalam laporannya menyebut, salah satu tujuan kegiatan yang diikuti 30 peserta dari Madrasah ini adalah, untuk membekali peserta agar memahami dan menguasai pengelolaan data melalui  sistem  M-MPA.
Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Pakis Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Dra. Farida Laisouw,  Kepala Bidang Umrah dan Haji Kemenag Maluku, Rahman Tubaka, dan Kepala Sub Bagian Humas Kemenag Provinsi Maluku, Hi. Yamin S.Ag.

JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY


Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy
Lihat juga...