Kapolda Maluku: Keterbatasan Dana Bukan Halangan Amankan Pilkada

Kapolda Maluku, Brigjen Pol Murad Ismael
AMBON — Kapolda Maluku, Brigjen Pol Murad Ismael mengatakan, keterbatasan anggaran bukan menjadi kendala dalam pengamanan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) yang dilangsungkan di empat kabupaten di provinsi yang dikenal dengan seribu pulau tersebut pada 9 Desember 2015.
“Polda Maluku punya strategi khusus dan siap mengatasi keterbatasan anggaran pengamanan Pilkada di empat Kabupaten karena terpenting pemilihan bupati – wakil bupati berlangsung aman, lancar dan sukses,” katanya.
Menurut Kapolda, dirinya sudah mengerahkan personel untuk mendukung pengamanan pilkada Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya dan Buru Selatan. Meski anggaran yang diterima baru 70 persen. 
“Sesuai permintaan dari empat Kabupaten itu, maka  kami sudah mengerahkan 500 personil masing-masing di empat kabupaten dengan dukungan yang siap sewaktu – waktu dikerahkan dari Polda Maluku, Brimob dan Samapta,” Kata Murad Ismail.
Menyangkut stabilitas keamanan dalam proses pilkada Kapolda Maluku ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat  utamanya di empat kabupaten yang akan melaksanakn pesta demokrasi agar berperan serta memelihara stabilitas keamanan.
“Masyarakat harus berperan serta memelihara stabilitas keamanan mendukung polisi agar ada garansi penyelenggaraan pilkada berlangsung aman, lancar dan sukses,” anjurnya.
Diketahui, untuk pilkada 4 kabupaten di Muluku semester pertama 9 Desember 2015, Kabupaten Seram Bagian Timur 2 pasangan masing-pasing Sitti Umuriah Suruwaky – Suarifudin Goo (SUS GOO), melawan pasangan Mukti Keliobas – Fachri Alkatiri (Mufakat).
Kabupaten Kepulauan Aru ada empat pasangan Cabup-Cawabup masing-masing, Joseph Barends – Elisa Darakay, Johan Gonga – Muin Sogalrey, Welhelm Kurnala – Azis Goin, serta Gotlief Gainau – Djafruddin Hamu.
Kabupaten Buru Selatan dua pasangan petahana Tagop Sudarsono Soulissa – Ayup Saleky versus Rivai Fatsey – Anthon Lesnussa. 
Sedangkan kabupaten Maluku Barat Daya tiga pasangan yaitu, Nikolaus J. Kilikily – Johanes. H Frans, Barnabas Orno – Benyamin Thomas Noach, serta Simon Mose Maahury – Kim Davist Marcus.
JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY

Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy
Lihat juga...