KASAD: Kesejahteraan Prajurit TNI Sangat Penting

KASAD saat disambut hangat ribuan prajurit Makodam XVII Cenderawasih
JAYAPURA — Prajurit TNI wajib melayani masyarakatnya, dari dasar itulah, seorang parjurit harus dibekali sarana prasana sebagai dasar penunjang kerja dilapangan. Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Mulyono menjawab semua keluhan-keluhan prajurit dalam kunjungannya ke Komando Daerah (Kodam) XVII Cenderawasih, Rabu (04/11/2015).
Kunjungan KASAD ke Makodam Cenderawasih sejak petang hingga malam, mendapat sambutan hangat dari ribuan prajurit yang telah menantinya sejak siang hari. Salah satu yang paling ditunggu-tunggu Jenderal bintang empat ini adalah tatap muka bersama prajurit-prajuritnya.
Dalam tatap muka tersebut, KASAD memaparkan bahwa kesejahteraan mulai dari kelayakan hidup seorang prajurit dan bagaimana seorang prajurit bisa melayani masyarakat sesuai dengan motto TNI “dimana TNI adalah Rakyat”.
Menurutnya, kedepan kalau ada prajurit yang butuh motor atau mobil guna menunjang kerja, akan diberikan. Soal tunjangan, dikatakan KASAD, perlu dibahas kembali, tidak semata-mata langsung diberikan tetapi harus melalui proses.
“Kesejahteraan tetap kami respon karena itu semua terkait dengan pelaksanaan tugas, semua menjadi tanggungjawab saya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat untuk memenuhi apa yang dibutuhkan TNI AD di lapangan,” kata Jenderal TNI Mulyono, Rabu (04/11/2015) malam.
Mabes TNI telah memproses sebanyak 3.000 unit motor yang akan diberikan ke Kodam se-Indonesia. 
“Akan dibagikan sama rata ke semua Kodam yang ada di Indonesia. Babinsa kan banyak sekali dan kami setiap tahun mengganggarkan hal itu. Kita tahu bersama bahwa tugas Babinsa sangat berat sekali. Dia kadang-kadang setiap Babisa tanggung jawab hingga tiga sampai empat desa bahkan hingga 20 desa,” ujarnya.
Bukan hanya motor, dikatakan Kasad, mobil dinas pun akan diberikan kepada Komandan Rayon Militer (Danramil), dengan untuk melayani masyakarat lebih dekat. “Salah satu contoh misalnya ada masyarakat yang sakit di suatu desa tetapi tidak memiliki transportasi maka mobil dinas Danramil tersebut bisa digunakan,” katanya.
Pihaknya tak menuntut lebih kepada prajurit TNI, melainkan kemampuan dasar seorang prajurit tak boleh dilupakan, seperti disiplin, jago perang, menembak dan jago bela diri. 
“Ini kemampuan dasar prajurit TNI yang harus dimiliki seorang prajurit, tanpa mengenal pangkat,” ujarnya.
JURNALIS : INDRAYADI T. HATTA
Jurnalis Cendana News wilayah Papua. Bergabung dengan Cendana News bulan April 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis dan fotografer lepas untuk berbagai media cetak dan online dalam berbahasa Indonesia dan Inggris.
Akun twitter : @indrayadihatta
Lihat juga...