Kebersamaan dalam Membangun Pangkalan Ojek

Fotografi
Kebersamaan dalam Membangun Pangkalan Ojek
Karya : Henk Widi
Lokasi, Lampung, Sabtu, 14 November 2015
LAMPUNG — Keberadaan tukang ojek atau pengojek di Lampung masih tetap menjadi transportasi primadona. Tukang ojek dimanfaatkan untuk transportasi jarak dekat terutama warga yang tak memiliki kendaraan roda dua.
Salah satu lokasi yang menjadi tempat mangkal tukang ojek berada di Kecamatan Penengahan Lampung Selatan tepatnya berada di depan Mapolsek Penengahan. Para pengojek menggunakan sebuah posko untuk berkumpul dan beristirahat disela sela aktifitas mengojek.
Sekitar belasan pengojek menggunakan sistem urutan dalam menarik ojek untuk menghindari gesekan. Selain itu keberadaan ojek masih dimanfaatkan oleh siswa sekolah yang menggunakan jasa ojek diantaranya sudah menggunakan sistem langganan antar jemput.
Kebersamaan para pengojek tersebut tertangkap kamera jurnalis Cendana News saat melakukan gotong royong membuat pangkalan ojek. Pangkalan ojek yang berada di tempat strategis menjadi lokasi para pengojek menunggu penumpang dari busa, travel arah Bakauheni-Bandarlampung dan sebaliknya yang turun di Penengahan.
Para pengojek tersebut mengaku secara swadaya membangun posko ojek sebagai bentuk kebersamaan para pengojek di wilayah tersebut. Kebersamaan pengojek konvensional tersebut masih menjadi bukti keberadaan ojek masih dibutuhkan masyarakat di wilayah tersebut. Para pengojek di wilayah tersebut bahkan tak kuatir dengan keberadaan ojek online yang masih booming di beberapa wilayah.
Gotong royong membangun posko ojek sederhana tersebut dilakukan oleh belasan tukang ojek mulai dari membuat rangka bangunan posko, pengecatan, pemasangan atap asbes hingga pemlesteran lantai yang akan digunakan para pengojek. Para pengojek mengaku kebersamaan tersebut masih tetap dijaga selaku para penarik ojek yang menawarkan jasa bagi warga yang hendak melakukan mobilitas di wilayah Penengahan. 
Berikut foto foto kebersamaan para pengojek di Lampung dalam membuat posko ojek mereka:

Lihat juga...