Kekeringan, Warga Manfaatkan Bendungan untuk Bercocok Tanam

Bendungan Batuai yang mengering
LOMBOK — Bendungan Batujai yang berada di Kabupaten Lombok Tengah yang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang dimanfaatkan warga sekitar untuk bercocok tanam, dan tanaman yang dipilih antara lain jagung, sayuran dan lainnya.
Warga Desa Gelondong, Erwin dan Marhamah menyebutkan, daripada dibiarkan menganggur, lebih baik daratan bendungan yang mengalami kekeringan digarap warga untuk bercocok tanam sayur – sayuran, jagung, ubi jalar dan beberapa jenis sayuran dan tanaman palawija lainnya.
“Sayang sekali kan kalau dibiarkan menganggur, apalagi tanahnya juga cukup subur untuk bercocok tanam dan hal tersebut memang rutin dilakukan warga sekitar bendungan setiap musim kemarau tiba dan air bendungan surut,”kata Marhamah yang dibenarkan juga oleh Erwin di Lombok, Rabu (18/11/2015).
Dijelaskan Erwin, kesempatan untuk menanam didataran bendungan dikarenakan penyusutan air sangat drastis. Meski penyusutan hampir terjadi setiap tahun, namun di 2015 ini kekeringan mencapai 6 bulan dengan penyusutan air mencapai puluhan meter.
” Surutnya air bendungan Batujai hampir setiap tahun terjadi, tapi tidak separah sekarang mencapai puluhan meter dari tepi bendungan karena kemarau panjang dan hari tanpa hujan selama enam bulan,”sebutnya.
Disebutkan juga, dalam satu minggu terakhir, sebagian daerah sudah diguyur hujan, namun tidak semua wilayah di Nusa Tenggara Barat mengalami hujan dan cuaca tetap masih panas sebagaimana minggu sebelumnya, termasuk wilayah bagian selatan Kabupaten Lombok Tengah,”katanya.
Sebelumnya berdasarkan rilis terahir, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, hujan baru masih berlansung di beberapa wilayah dan itu juga dengan intensitas berbeda – beda, mulai dari ringan, sedang dan lebat. 
Beberapa wilayah yang sudah hujan antara lain, Kota Mataram, Praya Kabupaten Lombok Tengah bagian utara, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, Taliwang dan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat, sementara beberapa wilayah lain belum pernah hujan.
JURNALIS : TURMUZI

Jurnalis Cendana News wilayah NTB. Bergabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer lepas untuk beberapa media online dan cetak.

Akun twitter : @muzitur00
Lihat juga...