Kendalikan Pembelian LPG 3 Kg, Pemkot akan Keluarkan Perwali

Sri Soetantinah
BALIKPAPAN — Untuk mengendalikan pembelian LPG 3 Kilogram agar sesuai pada penerima yang berhak, Pemerintah Kota Balikpapan menyusun peraturan Wali Kota Balikpapan.
“Perraturan itu nantinya akan mengatur bahwa penerima LPG 3 Kg adalah rumah tangga dengan pendapatan maksimal Rp 1,5 juta perbulan dan usaha mikro kecil dengan omzet maksimal Rp.960 ribu perhari,” terang Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setdakot Balikpapan, Sri Soetantinah, Rabu (18/11/2015).
Ia menjelaskan, bagi penerima yang berhak LPG 3 Kg rencananya akan dibuatkan kartu pengendali raskin dan izin usaha mikro kecil sesuai dengan data dasar penerima raskin sesuai dengan Peraturan Mentri (Permen) ESDM No 26 tahun 2009.
Sri Soetantinah menilai masyarakat masih belum memahami betul bahwa LPG 3 KG itu sudah punya peruntukan yang jelas yakni masyarakat yang tidak mampu. 
“Tidak hanya memprioritaskan pelayanan pembelian kepada penerima yang berhak. Namun rencananya juga akan menghapus penjualan LPG 3 Kg dalam skala eceran sehingga pembelian hanya akan dilayani hingga skala pangkalan,” jabar perempuan yang biasa disapa Tantin.
Dalam penyusunan rancangan perwali tersebut, Tantin mengaku belum menentukan sanksi apabila pelanggaran masih terjadi. Pemerintah harus melakukan evaluasi terlebih dahulu setelah perwali tersebut mulai diberlakukan. 
Ia berharap pangkalan LPG memprioritaskan pelayanan kepada 15.625 penerima yang dianggap kurang mampu dan berhak menerima LPG bersubsidi ini.
Adapun data rumah tangga sasaran raskin, saat ini jumlah keluarga pemilik kartu raskin di kota itu berjumlah 10.625 keluarga. Sementara jumlah pemegang IUMK yang terdaftar pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Balikpapan berjumlah sekitar 5.000 pengusaha. 
Sementara itu, External Relation Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan Andar Titi Lestari mengapresiasi langkah dan upaya yang dilakukan Pemkot untuk mengendalikan LPG bersubsidi. 
Diketahui saat ini sudah ada 730 pangkalan yang tersebar di seluruh Balikpapan. Satu kelurahan memiliki 10 pangkalan, bahkan ada kelurahan yang memiliki 40 pangkalan. 
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Lihat juga...