Kendari Tuan Rumah Festival Keraton Nusantara dan Festival Lasqi

Asrun Walikota Kendari menerima kunjungan kesultanan Indonesia dalam acara adat  Kendari
KENDARI — Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara (FKN) dan Masyarakat Adat ASEAN (MAA) 2015 yang akan berlangsung di alun-alun MTQ, selama 4 hari terhitung sejak tanggal 12 sampai 15 November.
Di tempat yang sama juga, akan digelar Festival Qasidah Indonesia (Lasqi) tingkat Nasional. Dua event berskala nasional itu digelar secara bersamaan. Pantauan wartawan Cendananews.com, persiapan pelaksanaan sudah makin intens dilakukan di alun-alun MTQ Kendari.  Panitia sementara merampungkan pembangunan panggung dan hal VIP yang akan digunakan tamu-tamu kerajaan dari dalam negeri maupun luar negeri.
Damsid
Menurut Damsid, Ketua Panitia FKN dan MAA tahun 2015, ada 7 kerajaan dari luar negeri yang akan hadir, yakni tiga kerajaan dari Belanda, satu kerajaan dari Pakistan. Kemudian kerajaan Malaysia, kerajaan Singapura dan kerajaan dari negara Filiphina.
Dari dalam negeri, akan hadir Kesultanan Yogyakarta, Kesultanan Goa dan , Kesultanan Bima. Lalu ada Raja Bone, Datu Luwuk, Raja Lampung, kerajaan Denpasar Bali.
Sultra sebagai tuan rumah, juga akan dihadiri kerajaan Konawe, Tiworo, Mekongga, Kabaena, Rumbia, Laiwoi, Buton dan Muna.
Event ini diprediksi berlangsung meriah, karena menampilkan seni dan budaya dari berbagai kerajaan. Kemudian juga akan dimeriahkan penampilan grup band papan atas diIndonesia.
Untuk menyemarakkan event FKN dan MAA 2015, dibeberapa sudut jalan di Kota Kendari terpampang baliho festival keraton. Demikian halnya baliho Lasqi Tingkat Nasional, pampang di pinggir-pinggir jalan. 
JURNALIS : RUSTAM

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Tenggara. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi wartawan di beberapa media cetak lokal maupun nasional. Gabung dengan Cendana News Oktober 2015. 

Akun twitter : @rustamcnd 
Lihat juga...