Kodim 1506/Namlea Siapkan Tanaman Asli Maluku untuk Penghijauan Emas

23.000 bibir pala 


AMBON—Dalam rangka menjaga dan melestarikan alam, Kodim 1506/Namlea melaksanakan kegiatan penyiapan pembibitan pohon pala sebanyak 23.000 pohon, Senin (2/11/2015).

Kepada Cendana News Senin (2/11/2015), Dandim 1506 Namlea, Letnan Kolonel Inf. Faisal Risal menjelaskan, 23000 anakan pala ini akan ditanam di lahan milik Raja Laisela Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.
Dikemukakan, kegiatan penanaman pohon pala ini merupakan salah satu upaya Kodim 1506/Namlea dalam menjaga dan melestarikan alam di Kabupaten Buru.
Selain itu, penanaman 23000 anakan pala ini Kodim 1506 Namlea mendukung program yang dicanangkan oleh Pangdam XVI/Pattimura Doni Monardo, sebagai Emas Hijau.
Pasalnya, prospek pengembangan agrobisnis pala cukup cerah dan menjanjikan. Karena peluang pasarnya makin terbuka dan cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun dengan tingginya permintaan bibit/benih pala yang bermutu saat ini.
Diterangkan, pohon pala dalam bahasa latinnya myristica fragrans Houtt merupakan tanaman buah berupa pohon tinggi asli Indonesia.
Menurutnya, tanaman yang berasal dari Maluku ini mempunyai ciri-ciri benih pala yang telah cukup umur untuk dijadikan benih dapat dilihat dari penampilan buah dengan warna kuning kecoklatan dan atau buah sudah menunjukkan adanya tanda-tanda retak.
“Tekstur kulit buah agak kasar, apabila dibelah kelihatan warna fuli merah menyala (kecuali varietas tertentu ada yang berwarna putih), warna biji coklat kehitaman dan mengkilap, dan biji keras,” tutupnya. (Editor : Gani Khair)

JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY


Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy
Lihat juga...