Komunitas Bikers Tanam Mangrove di Kabupaten Minahasa Utara

MANADO — Peduli terhadap lingkungan dilakukan oleh puluhan Komunitas Bikers dan aktifis lingkungan yang ada di Manado, Sulawesi Utara, dengan  melakukan penanaman Magrove di pesisir pantai Desa Tarabitan, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara pada Rabu (11/11/2015).
Komunitas Bikers yang terlibat dalam penanaman mangrove di desa Tarabitan yaitu Honda Motor Vikson Club (HMVC), Komunitar Motor Box (Kombo), HSFCI, Mapala Soksentela, Mapala Artsas, kelompok pencinta alam (KPA), Solidaritas Manengkel dan Komunitas Sei Boulevard Manado.
Menurut Koordinator Komunitas Sei Boulevard Sonny Tasidjawa, penanaman ratusan bibit Magrove itu dilakukan oleh berbagai komunitas, yang disponsori oleh Kelompok Perkumpulan Pendidikan Lingkungan Konservasi (Yapeka) dan Universitas Terbuka (UT) Manado. 
“Sengaja kami menanam mangrove di desa Tarabitan karena desa itu sangat rawan jika terjadi abrasi pantai sehingga jika ada mangrove yang tumbuh maka bisa menahan arus pantai saat memasuki rumah penduduk yang tinggal pesisir pantai Tarabitan,” ungkapnya.
Selain itu Sonny juga menegaskan, komunitas bikers yang terlibat dalam penanaman mangrove di desa Tarabitan mencapai 50 personil dan kegiatan ini sudah dua kali dilakukan yang mengambil lokasi dipesisir pantai. 
“Sebelumnya kita juga sudah menanam mangrove di desa Arakan Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa, dan semua dilakukan bersama-sama dengan komunitas Bikers dan  kelompok pencinta alam dan difasilitasi oleh Manengkel Solidaritas dan Sei Bolevard.”kata Sonny Kepada Cendana News pada Rabu (11/11/2015).
Sementara itu salah satu pimpinan komunitas Biker Herold Assa kepada Cendana News usai melakukan penanaman Magrove menyatakan, komunitas Bikers yang ada di Sei Boulevard berbeda dengan komunitas Bikers lainnya, kalau biasa komunitas Bikers identik dengan kekerasan di jalan dan tawuran, namun komunitas Bikers di Sei Boulevard kami malakukan banyak kegiatan yang positif dan salah satunya yaitu mencintai lingkungan dengan melakukan penanaman Magrove. 
“Banyak yang sudah kami lakukan seperti donor darah, pendidikan lalu lintas di sekolah-sekolah dan melakukan touring untuk berkendara yang baik”, tuturnya.
JURNALIS : ISHAK KUSRANT

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Utara. Bergabung dengan Cendana News sejak bulan September 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer di beberapa media online, media cetak dan radio.

Akun twitter : @IKusrant
Lihat juga...