Komunitas Manengkel Ajak Warga Minahasa Budidaya Rumput Laut

Budidaya Rumput Laut Masyarakat Arakan
MANADO — Kepedulian terhadap lingkungan terus diwujudkan oleh perkumpulan Manengkel Solidaritas dengan melakukan peningkatan ekonomi masyarkat di desa Arakan, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, dengan melakukan pendampingan terhadap warga untuk melakukan budidaya rumput laut. 
Kegiatan budidaya rumput laut warga desa Arakan dari perkumpulan Manengkel Solidaritas dilakukan sejak pekan lalu terhadap kelompok warga di desa Arakan, dan pekan ini terus dilanjutkan hingga warga Arakan bisa berhasil. 
Menurut Koordinator Komuitas Sei Boulevard Sonny Tadsijawa, selain melakukan pendampingan terhadap warga Arakan untuk melakukan budidaya rumput laut, sebelumnya juga, Perkumpulan Manengkel Solidaritas sudah melakukan aksi nyata dengan mengajak seluruh masyarakat Arakan untuk melakukan Vertikultur dan pengelolaan sampah, sebagai kepedulian terhadap lingkungan.
“Setelah kami evaluasi warga desa Arakan bisa berhasil, meski sebelumnya tim dari perkumpulan Manengkel Solidaritas perlu waktu lama untuk bisa menyakinkan masyarakat, tentang program ini terutama untuk kegiatan Vertikultur dan pengelolaan sampah,” kata Tadsijawa saat ditemui Cendana News, Rabu (18/11/2015) di markas Sei Boulevard di Kompleks Boulevard Mall.
Tadsijawa berharap masyarakat meningkatan ekonomi mereka dengan terus melakukan budidaya rumput laut dan pengelolaan sampah ini, karena perkumpulan Manengkel Solidaritas sifatnya hanya sementara dan sebagai pendamping, namun masyarakatlah yang bisa meneruskan.
“Kami berharap Pemerintah daerah bisa memperhatikan warga Arakan, karena perkumpulan Manengekel Solidarita hanya bisa mendampingi mereka dari awal sampai berhasil, namun kelanjutan untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di Arakan ada ditangan mereka”, kata Om Sonny sapaan akrabnya kepada media.
Sementara itu Koordinator Perkumpulan Manengkel Solidaritas Sintya ketika beberapa kali ditemui Cendana News menyatakan, Manengkel Solidaritas baru didirikan beberapa bulan yang lalu, namun aksi nyata dalam bidang lingkungan sudah banyak dilakukan dengan dukungan dari Komunitas Sei Boulevard, karena bagi kami yang penting sedikit bicara namun banyak eksennya.
“Kami berharap pemerintah daerah bisa bekerjasama dengan Menengkel Solidaritas, meski semuanya masih anak muda, namun kami sudah berbuat nyata bagi masyarakat terutama dalam bidang lingkungan,” ungkapnya.
JURNALIS : ISHAK KUSRANT

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Utara. Bergabung dengan Cendana News sejak bulan September 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer di beberapa media online, media cetak dan radio.

Akun twitter : @IKusrant
Lihat juga...