Kondisi Perairan bagus, Tangkapan Nelayan Kalianda Melimpah

Tangkapan nelayan

LAMPUNG — Hari Ikan Nasional yang diperingati dari tanggal 21-22 November ini banyak tak diketahui oleh masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Seperti halnya nelayan di Kota Kalianda Lampung Selatan. Hari nelayan nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tersebut bahkan tak terdengar gaungnya di tingkat nelayan yang ada di pesisir pantai Kalianda Lampung Selatan.

Salah satu nelayan di demaga Boom Kalianda, Amudin (34) mengaku tak terlalu mempedulikan adanya peringatan Hari Ikan Nasional. Ia mengakui saat ini yang terpenting dirinya sebagai nelayan bisa melakukan aktifitas menangkap ikan di perairan laut Kalianda dan memperoleh hasil yang cukup baik untuk menafkahi keluarganya.

“Wah saya tak tahu jika dua hari ini diperingati sebagai hari ikan nasional yang terpenting nelayan sejahtera dan semua orang yang ada di sekitar pantai bisa memenuhi kebutuhannya dari berjualan ikan,”ungkap Amudin sambil mengangkat ikan teri hasil tangkapannya bersama nelayan di Kalianda, Minggu (22/11/2015).

Tangkapan Nelayan Melimpah

Ia mengakui saat ini kondisi perairan di Selat Sunda sedang bagus sehingga hasil tangkapan nelayan khususnya ikan cukup bagus. Jenis ikan yang ditangkap nelayan diantaranya Selar, Tongkol, Kembung, Kacangan, Cumi, Rajungan, Simba dan berbagai jenis ikan lainnya.

Bahkan untuk jenis ikan Teri, beberapa minggu ini diakui oleh Amudin, nelayan di sekitar Kalianda memperoleh tangkapan cukup melimpah. Tangkapan ikan jenis ikan teri ini bahkan mencapai puluhan basket dengan harga satu basket mencapai Rp.200ribu yang dijual ke pengrajin pembuatan teri kering.

Sementara itu para nelayan Kalianda mengucapkan rasa syukur atas melimpahnya hasil laut dengan mengadakan acara ruwat laut. Ruwat laut yang diikuti oleh ratusan nelayan pesisir Kalianda dilakukan dengan melakukan larung kepala kerbau dan sesaji di laut lepas. Ruwat laut dengan tema “Laut adalah kehidupanku” diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya festifal jajanan berbahan baku ikan.

“Siang hingga sore ini masyarakat bisa menikmati bakso ikan, ikan bakar serta makanan berbahan ikan lainnya sebagai bagian dari rasa syukur dan ikut memperingati hari ikan yang dirayakan dua hari ini,”ungkap Misri pembina nelayan di Kalianda.

Hari ikan nasional yang digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dipusatkan di Senayan Jakarta. Sementara di berbagai daerah beberapa nelayan melakukan kegiatan dengan leading sektor dinas Kelautan dan Perikanan.

Pantauan CDN area dermaga boom Kalianda terlihat meriah karena selain disi dengan beraragm kegiatan diantaranya ruwat laut, kesenian jaipong, kesenian kuda kepang serta berbagai kegiatan kesenian lain memeriahkan kegiatan tersebut.

JURNALIS : HENK WIDI

Bergabung dengan Cendana News pada bulan November 2014. Dengan latar belakang sebagai Jurnalis lepas di beberapa media dan backpacker, diawal bergabung dengan Cendana News, Henk Widi fokus pada pemberitaan wisata dan kearifan lokal di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Twitter: @Henk_Widi

Lihat juga...