Koramil 1509-03/Bobong Bina Mitra Karib Babinsa


AMBON—Koramil 1509-03/Bobong melakukan pembinaan terhadap 15 pemuda yang tergabung dalam mitra karib Babinsa yang direkrut dari Desa Lede, Limbo, Toduli, Salati, Bobong dan Talo di Kabupaten. Pulau. Taliabu, Provinsi Maluku Utara, Senin (2/11/2015).
Kapendam Kolonel Arh Hasyim Lalhakim kepada Cendana News di Makodam XVI Pattimura Senin (2/11/2015) menyebutkan, materi yang dilatihkan antara lain pembinaan fisik, pembinaan disiplin, pembinaan sikap dan karakter.
Selain itu, dilatihkan juga Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Tata Cara Berkomunikasi, pemeriksaan personel dan kedaraan serta pengetahuan bela negara, kepedulian sosial dan lingkungan. Kegiatan pelatihan sendiri akan dilakukan selama 14 hari.
Program mitra karib babinsa sendiri merupakan bagian dari pembinaan teritorial di lingkungan Angkatan Darat yaitu merekrut pemuda potensial dari desa yang memiliki komitmen serta integritas tinggi sebagai mitra babinsa dalam pelaksanaan tugas dengan memberikan informasi serta menjadi mata dan telinga babinsa di desa.
Disela-sela pelatihan Danramil Bobong Mayor Inf Poniman menerangkan, pihak TNI khususnya Koramil 1509-03/Bobong bekerjasama dengan seluruh pihak baik dari Pemerintahan maupun swasta salah satunya PT. Adidaya Tangguh, dalam memberdayakan para Pemuda sebagai suatu potensi pertahanan wilayah dengan menanamkan rasa disiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air dan berjiwa patriotisme.
Melalui materi-materi yang diberikan selama pelatihan, diharapkan para pemuda tersebut dapat memiliki daya saing yang kuat dalam menghadapi era globalisasi. 
Sementara itu, Kapenrem 152/Bbl Mayor Inf Anang Setyoadi, SE dalam keterangannya menyatakan, program Mitra Karib Babinsa sendiri bagian dari pembinaan teritorial bagian Wanmil di lingkungan Angkatan Darat.
“Program Mitra karib Babinsa sendiri sempalan dari Program Bela Negara skala kecil, yang dikoordinir Kodim dan Koramil untuk memberdayakan para Pemuda sehingga dapat dibina dan dilatih menjadi pribadi  karakter yang kuat sehingga dapat menyalurkan bakat menjadi lebih positif,” pungkasnya. (Editor : Gani Khair)

JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY


Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy
Lihat juga...