KPU Balikpapan Siapkan Kotak Suara Tambahan Pilkada

KPU Balikpapan
BALIKPAPAN — KPU kota Balikpapan menambah 80 kotak suara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun ini. Dimana jumlah total saat ini sebanyak 1.359 kotak suara. 
Menurut Komisioner KPU Balikpapan Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu Sunawiyanto, penambahan kotak suara ini untuk menampung hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara. 
“Sehingga tidak menggangu kotak suara yang jumlahnya 1.359 kotak suara,” ucapnya, Rabu (18/11/2015).
Ia menyebutkan, penambahan kotak suara dimasing-masing kelurahan berjumlah dua kotak suara dan jumlah kelurahan di Balikpapan sebanyak 34 kelurahan. Ada 34 kelurahan jadi kalau masing-masing dua kotak suara berarti ada 68 kotak suara. 
“Untuk kecamatan juga sama masing-masing dua kotak jadi kita sediakan 12 kotak suara sehingga total kotak suara ada 80 kotak suara tambahan,” jabar Sunawiyanto. 
Penambahan kotak suara ini, katanya tidak mempengaruhi anggaran penyelenggaraan KPU karena pihaknya masih memiliki cadangan 4 ribu kotak suara yang disimpan di gudang. 
Sunawiyanto menjelaskan saat ini kotak suara tengah diinventalisir dan diamankan di belakang
kantor KPU Balikpapan dengan pengamanan dari Kepolisian.
“Rencananya distribusi kotak suara akan kami lakukan pada masa tenang bersamaan dengan surat suara dan logistik lainnya,” serunya. 
Selain itu, Pihaknya juga tengah mempersiapkan kotak suara sisa pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun lalu. 
“Pemeriksaan dilakukan untuk memilah sementara kotak suara yang rusak dan kotak suara mana yang bisa digunakan. Karena bahannya dari alumunium,” sambungnya.
Untuk diketahui masa tenang kampanye jatuh pada 6-8 Desember 2015. Dan masa pelaksanaan Pilkada akan berlangsung pada 9 Desember mendatang.
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Lihat juga...