KPU Manado Putuskan Satu Paslon Tidak Memenuhi Syarat

MANADO — Komisi pemilihan umum (KPU) Manado akhirnya memutuskan bahwa calon Wali kota Manado yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) Jimmy Rimba Rogi (Imba) tidak memenuhi syarat (TMS) untuk mengikuti Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang. Hal ini ditegaskan Ketua KPU Manado Eugenius Paransi di Kantor KPU Manado pada Jumat (13/11/2015) sore saat membacakan surat keputusan hasil rapat pleno lima komisioner KPU Manado tentang nasib Imba.
Menurut Paransi, setelah mencermati dan membaca hasil rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut, maka pihak KPU Manado memutuskan Imba tidak memenuhui syarat (TMS) untuk mengikuti Pilkada.
“Jadi Putusan kami semuanya berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu Sulut bahwa Imba TMS”, tegaskanya.
Sementara itu calon Wali kota Manado Jimmy Rimba Rogi yang ditemui Cendana News di kediamannya pada Jumat (13/11/2015) menyatakan, apa yang telah diputuskan oleh KPU Manado dirinya akan taati, namun kami juga akan mengkaji putusan itu dengan tim apakah akan melakukan gugatan atau tidak.
“Saya sudah mendegar putusan itu, ya setelah ini saya akan pulang kampung besok karena sudah tidak menjadi calon Wali kota Manado,”kata Imba sapaan akrabnya kepada wartawan saat ditemui Cendana News bersama puluhan media pada Jumat (13/11/2015) selepas magrib.
Pantauan Cendana News usai putusan KPU Manado yang men-TMS-kan Imba, suasana di kantor KPU Manado maupun Bawaslu Sulut semakin diperketat. Ratusan aparat TNI Polri dengan senjata lengkap menjaga kantor penyelenggara Pemilu itu, agar tidak terjadi aksi anarkis. Sedangkan pendukung semakin rame memadati rumah imba, untuk bertemu calon Walikota Manado yang diusung oleh Partai Golkar dan PAN itu setelah diumumkan KPU Manado TMS. 
JURNALIS : ISHAK KUSRANT

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Utara. Bergabung dengan Cendana News sejak bulan September 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer di beberapa media online, media cetak dan radio.

Akun twitter : @IKusrant
Lihat juga...