Kurang Perhatian, Sampah Rusak Keindahan Pantai Tuban

TUBAN — Tuban merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terletak di Pantai Utara Jawa (Pantura), sehingga tidak salah jika selama perjalanan melintasi Tuban akan banyak disuguhi dengan pemandangan pantai. 
Namun sangat disayangkan pemandangan pantai yang seharusnya bisa menjadi daya tarik saat melewati Kabupaten Tuban justru berkurang karena banyak sekali didapati sampah-sampah yang berserak di sepanjang pantai. Berbagai jenis sampah mulai sampah plastik, bungkus makanan, botol air mineral, kulit kelapa hingga popok bayi pun terlihat berserak mengotori pantai Tuban.
Terdapat beberapa faktor pemicu yang menyebabkan banyaknya penumpukan sampah di sepanjang pantai Tuban. Salah satu faktor pemicu utamanya yaitu kurangnya kesadaran masyarakat sekitar maupun pengunjung terhadap kebersihan pantai.
Edi salah satu warga mengaku masih ada beberapa warga sekitar yang membuang sampahnya di pantai. Selain itu para pengunjung yang biasa datang ke pantai juga ikut “menyumbang” sampahnya disana, karena sengaja atau tidak pengunjung biasanya membuang atau meninggalkan bungkus makan atau minumannya disana.
“Kurangnya pengawasan dari pemerintah juga turut membuat budaya membuang sampah di pantai terus berlanjut,” ungkapnya.
Dari pantauan Cendana News, banyaknya sampah yang berserak tidak hanya mengurangi keindahan pantai, tetapi juga menimbulkan bau yang tidak sedap.
JURNALIS : AGUS NURCHALIQ

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur/Malang. Gabung dengan Cendana News Maret 2015. 

Akun twitter : @shugabst2
Lihat juga...