Lalapan Mak Par, Menu Sederhana Idola Mahasiswa di Malang

MALANG — Berbicara wisata kuliner di Kota Malang, tak lengkap rasanya jika tidak mencoba lalapan “Mak Par”. Penampilan dan menu lalapan yang satu ini bisa terbilang cukup sederhana dibandingkan dengan lalapan pada umumnya karena hanya menyajikan nasi hangat, ayam crispy atau ayam tepung, gorengan dan sambal. Namun meskipun sederhana, nyatanya lalapan Mak Par sudah sangat terkenal di kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Malang.
Lalapan Mak Par berlokasi di Jalan Joyo Tamansari Kelurahan Merjosari Kota Malang tepatnya di depan Perumahan Politeknik. Di tempat ini para pelayan terlihat tidak pernah henti-hentinya melayani pembeli yang silih berganti berdatangan. Ada yang membeli untuk di bawa pulang, ada juga yang membeli untuk langsung dinikmati di tempat.
Daya tarik di balik kesederhanaan menu yang disediakan lalapan Mak Par yaitu disini pembeli bisa memilih sendiri bagian ayam yang diinginkan dan juga gorengan berupa tempe. Setelah memilih bagian ayam yang diinginkan, pembeli bisa langsung memberikannya kepada pelayan untuk kemudian dihidangkan dengan nasi hangat dan juga sambal. 
Terdapat empat macam jenis sambal yang ditawarkan di lalapan Mak Par yaitu sambal kacang, sambal kecap, sambal tomat serta sambal bawang yang memiliki sensasi rasa paling pedas dibanding ketiga jenis sambal lainnya. Disini pembeli tidak hanya bisa memesan satu jenis sambal saja melainkan juga bisa memesan dua atau tiga jenis sambal sekaligus.
Hangatnya nasi yang disandingkan dengan gurihnya ayam crispy yang dipadu bersama pedasnya sambal bawang, membuat menu yang sederhana menjadi terasa istimewa. 
Selain rasanya yang enak, harganya yang bersahabat membuat lalapan Mak Par tidak pernah kehilangan pembeli khususnya mahasiswa. Cukup dengan hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000,- pembeli sudah bisa menikmati nasi, ayam crispy, gorengan, sambal dan juga segelas air jeruk.
Ilham salah satu pelanggan setia Mak Par mengaku cukup sering datang ke tempat ini karena rasa ayamnya yang gurih dan sambal bawangnya yang cukup pedas. 
“Selain itu yang paling penting buat mahasiswa yaitu harganya yang tidak sampai menguras kantong,” ujarnya sambil tertawa.
JURNALIS : AGUS NURCHALIQ

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur/Malang. Gabung dengan Cendana News Maret 2015. 

Akun twitter : @shugabst2
Lihat juga...