Latihan Rutin, Marinir Rebut dan Duduki Pantai Morotai

Sebuah tank Marinir melepaskan tembakan
AMBON — Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memimpin langsung prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Satgaslat PPRC TNI Morotai 2015 dalam merebut dan menduduki tumpuan pantai yang telah dikuasai musuh melalui Pendaratan Khusus di Pantai Morotai, Maluku Utara, Selasa (17/11/2015).
Latihan yang melibatkan satu Kompi Ratsus Pasmar-1 tersebut merupakan program latihan TNI Tahun 2015 yang bertujuan untuk membina kemampuan dan  kekuatan tempur pasukan pendarat Korps Marinir.
Kegiatan diawali debarkasi Kompi Ratsus dari KRI Makasar-509 dengan menggunakan perahu karet untuk melaksanakan pendaratan amfibi ke pantai Morotai yang dikuasai musuh. Setelah seluruh pasukan Ratsus mendarat, dilanjutkan pergerakan menuju sasaran untuk merebut dan menguasai tumpuan pantai. Satu Tim peterjun tempur dari Yontaifib-1 Mar melaksanakan penerjunan ke Drooping Zone di pantai dan Rubber Duck Operation (RDO) untuk mempercepat penguasaan tumpuan pantai. Kemudian bantuan tembakan dari Tank BMP-3F, disusul penembakan dari roket RM-70 Grad ke basis – basis musuh untuk memberikan bantuan pasukan Infanteri dalam perebutan sasaran. 
Pada latihan pendaratan khusus yang berkekuatan satu Kompi (DPK) tersebut, Panglima TNI didampingi Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana, S.E. Pangdam XVI Patimura Mayjen TNI Doni Monardo, S.Ip, Danpasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T.,M.Si (Han) serta Danyonif-5 Marinir Letkol Marinir Freddy Ardianzah selaku Komandan Pasrat Satgasla PPRC TNI Morotai 2015.
Upacara persiapan latihan

Korp Marinir menyusup ke pantai Morotai
JURNALIS : SARI PUSPITA AYU

Pimpinan Umum sekaligus penyusun konsep Cendana News pada awal September 2014 setelah sebelumnya bersama dengan Abdul Rohman dan Gani Khair menjadi penggerak Soeharto Center di wilayah Indonesia Tengah. 

Twitter: @saripuspitaayu
Lihat juga...