Lindungi Warga dari Abu Vulkanik, BPBD Salurkan Lima Ribu Masker

Gunung Baru Jari, Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Utara NTB meletus dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 1500 meter
MATARAM — Melindungi warga dari pengaruh abu vulkanik akibat dari letusan yang ditimbulkan Gunung Baru Jari di Kabupaten Lombok Utara, Badan Penanggulanganan Bencana Daerah , Nusa Tenggara Barat membagikan lima ribu masker kepada masyarakat tujuh desa yang berada di sekitar Gunung.
“Semua masker tersebut kita bagikan kepada masyarakat di tujuh desa yang terkena hujan debu abu vulkanik letusan Gung Baru Jari, Gunung Rinjani, supaya tida terganggu di pernapasan,” kata Kepala BPBD NTB, Muhammad Azhar, Rabu (04/11/2015).
Ia mengatakan, kebutuhan masyarakat akan masker, baik yang tinggal di sekitar Gunung Baru Jari maupun desa lain di Kabupaten Lombok Utara tidak menutup kemungkinan akan bertambah.
Mengingat ketinggian debu vulkanik yang terjadi sejak selasa kemarin dengan ketinggian 1500 meter bisa terbawa angin ke desa – desa lain di KLU, terutama yang jaraknya masih tidak jauh dari Gunung Baru Jari.
Selain masker, kata Azhar, pihak BPBD NTB bersama BPBD dan pemerintah Kabupaten Lombok Utara juga telah mempersiapkan objek vital berupa Puskesmas dan rumah sakit, dan senantiasa siap siaga membantu warga jika sewaktu – waktu dibutuhkan.
“Meski demikian, proses evakuasi terhadap warga memang sampai saat ini belum sampai dilakukan, namun begitu warga diminta tetap waspada,” katanya.
JURNALIS : TURMUZI
Jurnalis Cendana News wilayah NTB. Bergabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer lepas untuk beberapa media online dan cetak.
Akun twitter : @muzitur00
Lihat juga...