Lutung Jawa Koleksi Gembira Loka Yogyakarta Melahirkan

Bayi lutung bulu merah usia 2 minggu
YOGYAKARTA — Dalam dua pekan ini sejumlah satwa dan binatang mamalia koleksi Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, berbiak. Di antaranya Lutung Jawa, Beruang Madu dan Burung Merak. Selain itu, kebun binatang yang telah berusia 62 tahun tersebut juga mendatangkan tiga pasang burung pelican warna putih pink dari Tanzania, Afrika Selatan. 
Dewi Astuti Nurcahyani, Staf Biologi 
Sepasang Lutung merah dan hitam asli habitat dari Pulau Jawa koleksi Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, melahirkan seekor anak lutung merah yang lucu. Kelahiran terjadi alamiah, dan menambah koleksi lutung Jawa yang saat ini populasinya kian langka. 
“Anak lutung Jawa lahir alamiah dari sepasang indukan lutung merah dengan lutung hitam sejak pekan kemarin. Kedua lutung tersebutmerupakan jenis Lutung Jawa yang berbeda warna saja,” ungkap Dewi Astuti Nurcahyani, Staf Biologi Gembira Loka ditemui, Jumat (27/11/2015).
Dengan lahirnya seekor anak lutung itu, lanjut Dewi, koleksi lutung di Gembira Loka menjadi 5 ekor. Dua di antaranya merupakan indukan yang baru saja melahirkan dan berusia 4 dan 5 tahun. Sedangkan dua lagi masih berusia sekitar 2 tahun. Sedangkan satunya lagi, lutung yang baru saja dilahirkan itu.
Disebutkan, karena termasuk binatang mamalia atau menyusui, perawatan dan pemenuhan gizi menjadi hal yang harus diperhatikan. Selain itu, dalam keluarga Lutung Jawa itu dikenal kasta. Maka, lutung-lutung yang lain secara naluri turut membantu dan menjaga anak lutung itu, karena sang induk dianggap sebagai senior atau kasta tinggi.
“ Kelahiran anak lutung, beruang madu dan menetasnya tiga ekor burung merak dalam waktu yang bersamaan ini seolah menjadi kado bagi Gembira Loka yang kini berulang tahun untuk yang ke-62 tahun,”sebut Dewi.
Hal senanda juga disampaikan Brigita R Samuels, Admin Perawatan Satwa, Kebun Raya dan Binatang KRKB Gembira Loka, menambahkan, tak hanya Lutung Jawa yang kini melahirkan anak. Namun juga Beruang Madu dan Burung Merak. 
Dijelaskannya, beruang madu melahirkan satu ekor anak dan burung merak menetaskan tiga ekor anak. Selain satwa dan mamalia yang berbiak, kata Brigita, belum lama ini pihaknya juga mendatangkan tiga pasang burung pelican putih dari Tanzania, Afrika Selatan. 
Burung tersebut, menurut Brigita, didatangkan untuk menggantikan koleksi burung pelican sebelumnya yang sudah tua. Upaya mendatangkan burung pelican itu, kata Brigita, untuk menghindari in breeding atau perkembang-biakan dari satu indukan yang sama, karena in breeding dari indukan yang sama akan menurunkan kualitas satwa yang dihasilkan. 
“Dengan tiga pasang burung pelican yang baru saja didatangkan, saat ini Gembira Loka memiliki delapan ekor burung pelican”, ungkapnya.
JURNALIS : KOKO TRIARKO

Jurnalis Cendana News wilayah DI.Yogyakarta. Bergabung dengan Cendana News bulan Agustus 2015. Sebelum bergabung di Cendana News, jurnalis, penulis dan fotografer di beberapa media cetak lokal.

Akun twitter @KOKOCND
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Koko Triarko
Lihat juga...