Mahasiswi STIE Ciptakan Smart Pop Up, Edukasi Anak Balita

Buku Smart Pop Up untuk edukasi bagi anak balita
SURABAYA — Edukasi erat kaitannya dengan buku bacaan atau pun peraga lainnya. Hal ini sudah lumrah di masyarakat. Empat orang mahasiswi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas mencetuskan ide Buku Smart Pop Up untuk edukasi bagi anak balita.
Mahasiswa STIE Perbanas, Dwi Ayu menjelaskan, ide awal dari pembuatan buku smart pop up ini yaitu untuk menciptakan nilai edukasi dan moral anak pada usia balita. 
“Selama ini yang kami temui, buku pop up itu hanya berisi dongeng, bukan soal pendidikan moral,” jelasnya kepada Cendana News, Sabtu (07/11/2015).
Buku smart pop up ini dikhususkan bagi anak TK-SD kelas 3 atau anak-anak yang sedang dalam tahap awal belajar membaca. Sudah ada empat seri yang diterbitkan, seri pertama yaitu ayo belajar menabung, seri kedua jagalah kebersihan gigi, seri ketiga yaitu hemat energi listrik untuk lestarikan bumi.
“Dan seri keempat yaitu aku cantik dengan berhijab,” pungkasnya. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau yaitu dari 65 ribu-85 ribu Rupiah.
Keunikan lain yaitu tokoh yang ditampilkan merupakan tokoh yang menarik untuk anak-anak dan sering dijumpai di lingkungannya, seperti ayah, ibu, kakak, adek, nenek, kakek dan lain sebagainya.
“Untuk para orang tua kami sediakan kartu panduan bagaimana cara penggunaan buku smart pop up ini,” jelasnya.
Ide untuk desain, jalan cerita dan pesan moral yang disampaikan semua murni dari mahasiswa sendiri, sedangkan percetakan hanya bagian untuk proses pencetakan saja.
Tim yang terdiri dari Nora Fadila, Dwi Ayu, Adriana Nuarisa, Septiansyah, ini mengaku persiapan desain dan jalan cerita hingga sampai jadi buku membutuhkan waktu 1 bulan. Tiap masing-masing anggota mengeluarkan ide untuk judul seri buku.
“Kami tiap satu bulan mampu menjual 15 buku. Tentunya ada kesulitan tersendiri yang dihadapi, saat proses pembuatan buku pop up ini, yaitu saat proses cutting dan menempel yang harus dilakukan manual,” jelasnya.
Selain itu, tim ini berhasil bekerja sama dengan sekolah SD Galuh Handayani dan TK Harukoya. 
“Semoga nanti ke depannya smart pop up bisa menjangkau ke seluruh masyarakat, dan memberikan nilai pelajaran terutama moral kepada anak-anak,” harapnya.
JURNALIS : CHAROLIN PEBRIANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur. Gabung dengan Cendana News Mei 2015. 

Akun twitter : @charolineemoo
Lihat juga...