Majukan Ekonomi Maluku, Pemerintah Harus Bantu UMKM

UKIM Ambon
AMBON — Akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon, Polly Rikumahu menilai merosotnya perekonomian saat ini salah satu penyebabnya adalah kurangnya perhatian pemerintah pada  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Disebutkan, jika pemerintah lebih memperhatikan UMKM, maka perekonomian di Indonesia akan mengalami perbaikan.
“Sebaliknya, jika hal tersebut tidak diperhatikan maka perkembangan perekonomian Maluku akan menurun,” ujarnya saat dimintai komentarnya di Ambon, Senin (16/11/2015).
Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seharusnya dapat membantu meningkatkan atau menumbuhkebangkan perekonomian Maluku. Hal itu penting demi memutus mata rantai kemismkinan di Provinsi Seribu Pulau tersebut.
Menurutnya, Pemda maupun Pempus wajib memberikan pembinaan serta memfasilitasi para UMKM di Maluku agar mereka tetap berkarya demi melangsungkan hidup.
“Sudah seharusnya Pemda dan Pempus mencontohi melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para UMKM di Maluku agar mereka tetap eksis,” lanjut Polly Rikumahu.
Jika pembinaan termasuk pendampingan berjalan berkelanjutan, maka sudah pasti UMKM akan membantu meningkatkan perekonomian Maluku yang hingga kini merosot, sebaliknya perlahan akan mengalami peningkatan kemudian.
Ditambahkan, Pemda maupun pempus harus berpikir cerdas dan kritis, agar mampu untuk meningkatkan UMKM khususnya di Maluku, sehingga ada terobosan baru tentunya kepada masyrakat ekonomi kelas kecil menengah.
“Karena 2016, kita sudah masuk dalam era pasar bebas misalnya, Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Hal ini sangat berdampak dan menjadi pukulan terhadap ekonoi lokal Maluku,” tegasnya.
Untuk itu, Polly Rikumahu kembali mengingatkan Pemprov Maluku harus memberdayakan UMKM demi kemajuan ekonomi Maluku.
JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY

Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy
Lihat juga...