Massa Kampanye Pilkada Sleman Diamankan Jajaran Polda DIY

Tengah -Kombes Pol. A.H Gani- Wakapolda DIY
YOGYAKARTA — Kepolisian Daerah DI Yogyakarta menindak tegas puluhan simpatisan salah satu paslon bupati wakil bupati 2015 di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, yang melakukan aksi konvoi dengan sepeda motor blombongan. Penindakan tegas terpaksa diambil jajaran Polda DIY karena imbauan untuk berkampanye dengan tertib yang selama ini disosialisasikan tak diindahkan.
Kombes Pol A.H. Gani, Wakapolda DIY di sela pemeriksaan terhadap puluhan massa tersebut menjelaskan, ada sebanyak 27 jenis pelanggaran dengan rincian  sebanyak 20 sepeda motor menggunakan knalpot blombongan yang menimbulkan suara bising, tiga pelanggaran melawan arus dan empat pelanggaran lain seperti tidak mengenakan helm dan tanpa dilengkapi surat-surat.
Disebutkan juga, para simpatisan itu kedapatan membawa minuman meras yang dikemas dalam 8 botol, dan satu simpatian kedapatan membawa senjata pukul jenis ruyung dan bahkan seorang di antaranya kedapatan membawa senjata api jenis air soft gun. 
Dengan berbagai pelanggaran itu, petugas melakukan penyidikan lanjut berkenaan dengan ditemukannya senjata api air soft gun. Sementara itu, massa simpatisan juga dihukum tegas dengan disuruh mendengarkan suara bising dari knalpot blombongan yang digunakannya untuk berkampanye. 
“Hukuman ini agar mereka tahu bagaimana rasanya bising akibat knalpot blombongan”, tegas Gani. 
Gani mengungkapkan, dengan ulah simpatisan itu kepentingan umuk terganggu dan adanya miras membuat potensi kriminalitas semakin tinggi dan bisa mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya.  Sesuai konsesus dengan partai pengusung paslon, kampanye seharusnya dilakukan dengan tertib dan mematuhi peraturan. 
Sementara itu, terhadap semua pelanggaran yang dilakukan oleh massa simpatisan di Sleman tersebut, pihaknya tidak akan melepaskan sejumlah sepeda motor yang terjaring selama belum dilengkapi surat-surat dan diganti knalpotnya. 
Salah satu massa kampanye dihukum mendengarkan knalpot blombongan
JURNALIS : KOKO TRIARKO

Jurnalis Cendana News wilayah DI.Yogyakarta. Bergabung dengan Cendana News bulan Agustus 2015. Sebelum bergabung di Cendana News, jurnalis, penulis dan fotografer di beberapa media cetak lokal.

Akun twitter @KOKOCND
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Koko Triarko
Lihat juga...