Masuk Musim Penghujan, Masyarakat Diminta Waspada DBD

BALIKPAPAN –— Memasuki musim penghujan masyarakat diminta waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menyusul sampai saat ini jumlah kasus di Balikpapan sudah mencapai 1.923 kasus.
Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Balerina JPP menjelaskan dari jumlah kasus tersebut jumlah terbanyak terdapat di Kelurahan Sepinggan dan upaya penanggulangan juga sudah sesuai dengan standar operasional dan prosedur (SOP). 
“Selama ini penanggulangannya sudah sesuai SOP. Dan masih menggunakan 3M Plus,” terangnya, Kamis (12/11/2015).
Berdasarkan data DKK penderita DBD sampai kini mencapai 1.923 kasus, dan kasus tersebut 22 korban meninggal dunia. Jumlah itu meningkat dari tahun 2014 hanya 14 korban meninggal dunia.
Balerina mengatakan penyuluhan ke lapangan, penaburan abate sampai fogging sejauh ini sudah dilakukan seperti Menguras, Menutup dan Menimbun plus menabur abate. 
Selain itu Juru Pemantau Jentik (Jumantik) saat ini juga sudah ada di masing-masing RT sehingga jentik nyamuk bisa dipantau langsung dan jumlahnya cukup ideal. Namun DKK tak mengetahui apakah praktik di lapangan benar-benar dilakukan penaburan abate secara merata. 
“Karena ada juga masyarakat yang tidak mau, Padahal itu bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk,” tambahnya. 
Sementara itu, salah Seorang Warga Balikpapan yang tinggal di Kawasan Taman Bukit Sari Lintang mengatakan fogging setiap satu bulan dilakukan pihak RT karena hal ini menghindari nyamuk Deman berdarah. Apalagi musim kemarau kemudian masuk musim penghujan jentik nyamuk begitu cepat berkembangbiak. 
Selain itu, kerja bakti juga digalakkan oleh Warga untuk kebersihan kampung khususnya dimasing-masing blok berinisiatif melakukan kerjabakti atau yang sering disebut gotongroyong. 
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Lihat juga...