Menikmati Kuliner Khas Kabupaten Bangkalan, Nasi Serpang

MADURA — Masyarakat pada umumnya mungkin hanya mengenal Soto dan Sate sebagai kuliner khas dari Madura. Tetapi sebenarnya masih banyak lagi kuliner khas Madura yang bisa dinikmati saat berkunjung di salah satu daerah yang masih termasuk ke dalam provinsi Jawa Timur ini. Salah satunya yaitu nasi Serpang atau Nasek Serpang dalam bahasa Madura.
Nama nasi Serpang sendiri mungkin masih jarang di dengar oleh kebanyakan masyarakat, namun bagi masyarakat Madura terutama warga Bangkalan karena Nasi Serpang merupakan kuliner khas Kabupaten Bangkalan. Sekilas nasi Serpang hampir sama dengan nasi campur pada umumnya. 
Namun yang membedakan adalah perpaduan racikan lauk yang disajikan bersamaan dengan hangatnya nasi putih. Lauk-lauk tersebut terdiri dari telur asin, kerang, dendeng sapi, mie soun, pepes tongkol udang, tahu dan kerupuk kulit sapi bercampur kuah santan, peyek kacang dan udang serta yang terakhir adalah sambel trasi yang menambah nikmatnya nasi Serpang.
Nita salah satu pembeli mengaku sangat membeli Nasi Serpang untuk menu sarapan keluarganya. 
“Nasinya punel dan lauknya lengkap, rasanya juga enak jadi cocok untuk menu sarapan,”ujarnya.
Menurutnya, penjual nasi Serpang ini biasanya mulai menjajakan nasinya pukul 06.00 sampai habis. 
“Jadi jika ingin membeli nasi Serpang sebaiknya datangnya pagi, karena jika agak siang pasti tidak kebagian,” ucapnya.
Tidak sulit untuk menemukan penjual nasi Serpang, karena para penjual nasi Serpang sering menjajakan jualannya di pinggir jalan utama salah satunya di pinggir Jalan Panglima Sudirman.
Bagi masyarakat yang ingin menikmati seporsi nasi Serpang cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000,-. 
JURNALIS : AGUS NURCHALIQ

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur/Malang. Gabung dengan Cendana News Maret 2015. 

Akun twitter : @shugabst2
Lihat juga...