Meski Defisit Air Baku, PDAM Terus Tambah Pelanggan Baru

Haidir Effendi
BALIKPAPAN — Meski Balikpapan masih defisit air baku, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota Balikpapan terus berupaya menambah layanan jumlah pelanggan baru. Bahkan ditargetkan hingga akhir tahun ini pelanggan baru yang tersambung menjadi pelanggan sekitar 3.500 pelanggan. 
Direktur Utama PDAM kota Balikpapan Haidir Effendi menuturkan langkah yang dilakukan pemerintah untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga dengan membangun waduk teritip. 
“Kami masih menunggu, untuk menambah air kami juga membuat sumur-sumur bor tentu dengan pengolahan yang baik,” bebernya saat dihubungi, Sabtu (21/11/2015).
Penambahan pelanggan baru, lanjut Haidir animo masyarakat yang besar untuk menggunakan air PDAM. Untuk itu, upaya penambahan pelanggan baru terus dilakukan apalagi pemukiman juga terus tumbuh. 
Adapun untuk pemasangan baru rumah tangga pelanggan hanya dibebani biaya pemasangan sebesar Rp2,5 juta untuk tahun ini. 
“Kalau tahun depan saya tidak tahu karena mengikuti inflasi Balikpapan,” katanya.
Selain itu, Haidir mengakui produksi air 1200 liter perdetik yang saat ini berjalan belum ideal. Ia menilai untuk memenuhi kebutuhan warga Balikpapan seharusnya produksi air 1600 liter perdetik. 
Sementara untuk kebutuhan air bersih industri, PDAM belum mengcover kebutuhan untuk industri sehingga mereka membuat sumur sendiri untuk memenuhi kebutuhan air operasionalnya. 
“Ya harus buat sumur sendiri, kami melayani masyarakat saja masih kurang apalagi untuk memenuhi kebutuhan industri tentu belum bisa,” tutupnya. 
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Lihat juga...