Motivasi Mahasiswa Buka Lapangan Kerja, Unair Gelar Talkshow

SURABAYA — Memberikan motivasi untuk mahasiswa membuka lapangan pekerjaan, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengadakan talkshow yang diberi nama Resonansi (Resolusi Passion dengan Aksi Menginspirasi) dengan judul Pemuda Indonesia menuju ASEAN Community.
Kehadiran yang diselenggarakan selama 2 hari tanggal 11-12 November di Aula Garuda Mukti, Unair tersebut mengundang beberapa narasumber, salah satunya seorang pengusaha muda, Mohammad Ihsan Akhirulsyah yang menceritakan kisah hidupnya.
Menurut, Mohammad Ihsan Akhirulsyah diawal presentasinya menerangkan kondisi ekonomi saat krisis moneter ada beberapa pihak yang mengambil keuntungan. Kisah keluarganya yang terlilit hutang, kesulitan ekonomi saat itu menempanya menjadi sosok pekerja keras, ia mencoba semua peluang yang ada. Mulai dari pengamen, jualan koran hingga menjadi anggota MLM.
“Saya sadar seorang anak seperti saya nantinya akan menjadi dewasa, dan berusaha untuk survive sendiri, menghadapi dunia yang nyata,” terangnya, Rabu (11/11/2015).
Mulai dari pemikiran tersebut, ia pun tumbuh menjadi pemuda yang harus berani bergerak. Singkat cerita ia pun menyerahkan seluruh tabungannya untuk investasi bisnis properti dan menggeluti finance.
“Investasi uang per tahun, ditingkat pertama masih aman, saya dapat keuntungan, kemudian saya berani ambil resiko membuat bisnis properti yang lebih besar,” ujarnya.
Ia kemudian berani patungan dengan temannya, menjadi developer investasi bidang properti. Ditengah perjalanan bisnisnya, ia menderita kerugian hingga miliaran, akibat MoU dengan pihak ketiga batal secara tiba-tiba.
“Saya bangkrut, dan punya hutang miliaran dengan status saya waktu itu masih mahasiswa, lalu saya cuti untuk total all out di bisnis ini,” terangnya.
Dari semua kisah hidupnya ia meyakini bahwa skenario manusia tidak mungkin, tetapi skenario Tuhan mungkin. Dan harta bukan solusi hidup, kalau mau bisnis jangan semata-mata cari duit, pemaknaan hidup harus lebih dari sekedar harta.
“Saat Anda kalah dalam sesuatu, jangan lupa mengambil pembelajaran. Dan harus ada strategi, dan minimal kuasai satu bidang ilmu yang Anda sukai dan geluti dengan hati dan passion,” pungkasnya.
Siti Lailatul Hikmah salah satu peserta talkshow mengaku senang dengan acara seperti ini. Ia bisa belajar dari pengalaman narasumber yang dihadirkan.
“Apalagi menjelang MEA, harus bisa melihat peluang dan karakter yang kuat, sehingga kita tidak kalah dengan orang luar negeri,” tandasnya.
JURNALIS : CHAROLIN PEBRIANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur. Gabung dengan Cendana News Mei 2015. 

Akun twitter : @charolineemoo
Lihat juga...