November, Pertamina Dua Kali Gelar OP Elpiji 3 Kg di Balikpapan

BALIKPAPAN — Untuk mengantisipasi kepanikan warga memenuhi kebutuhan Elpiji subsidi 3 Kilogram (Kg) di Balikpapan, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation RegionVI Kalimantan pada bulan November ini sudah menggelar Operasi Pasar (Op) sebanyak dua kali.
Andar Titi Lestari
“Harapannya pasokan dapat dijangkau dengan mudah, menyusul adanya isu kelangkaan,” kata Senior Supervisor External Relation Andar Titi Lestari saat dihubungi, Minggu (15/11/2015).
Dia menyebutkan, pelaksanaan operasi pasar disebar di 40 titik sekaligus di seluruh kecamatan. Masing-masing menyediakan 100 tabung. Melibatkan 7 agen penyaluran dan 35 pangkalan.
Namun, sayangnya penjualan tidak mencapai 100 persen dari total 40 ribu botol yang disediakan.
Sebelumnya, pihaknya  juga telah menyalurkan 1.200 botol dan menggelar di 8 lokasi berbeda. Alokasi masing-masing titik sebanyak 150 tabung. 
“Sebelumnya kami juga telah menyalurkan 1.200 botol namun tidak terserap dengan maksimal,” tandasnya.
Berdasarkan data yang dilansir, konsumsi elpiji melon tumbuh 14 persen dan angka itu juga telah melampaui angka wajar yang dipatok 5,6 persen. Dimana terjadi over konsumsi dari kuota yang ditetapkan. 
Adapun konsumsi elpiji botol 12 Kg mengalami penurunan sebesar 4 persen. Hal ini karena daya beli menjadi faktor penentu disertai angka PHK tercatat cukup tinggi. Hal itu diduga karena kondisi itu memaksa adanya peralihan elpiji 12 kilogram ke 3 Kilogram. 
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Lihat juga...