NTB Provinsi Tertinggi Penderita Penyakit Katarak

Seorang pasien penderita penyakit katarak, saat menjalani pemeriksaan oleh dokter mata di Badan Kesehatan Mata Masyarakat NTB yang direncanakan akan dijadikan rumah sakit mata NTB
MATARAM — Dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan Provinsi dengan masyarakat penderita penyakit katarak paling tertinggi, hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan NTB, Eka Junaedi di Mataram, Jum’at (13/11/2015).
“NTB termasuk Provinsi tertinggi masyarakat penderita katarak, yaitu mencapai 150 ribu penderita yang sebagian besar diderita masyarakat lanjut usia, selebihnya juga diderita usia remaja dan anak – anak,” kata Junaedi .
Gejala penyaki katarak sendiri biasanya dimulai dari pengelihatan yang kabur, berkabut dan buram. Penglihatan juga memburuk pada malam hari atau cahaya terang. Pasien juga lebih peka terhadap cahaya terang atau silau.
Katarak sendiri muncul disebabkab oleh berbagai faktor, antara lain, faktor lanjut usia maupun sering terkena sinar matahari. Katarak juga erat kaitannya dengan kekurangan gizi.
“jumlah penderita katarak cenderung mengalami penambahan setiap tahun. Sayangnya, ia mengakui bahwa hal ini tidak seimbang dengan upaya pengobatan yang dilakukan,” ungkapnya.
Lebih lanjut ia menambahkan, keterbatasan sumberdaya berupa dokter spesialis maupun sarana prasarana juga menjadi salah satu penyebab penanganan penyakit kataran lamban mendapatkan penangan.
“Bayangkan saja jumlah dokter spesialis mata yang dimiliki NTB sampai sekarang hanya 18 dokter, itu pun kebanyakan masih banyak tersebar di Pulau Lombok, bandingkan dengan jumlah penderita penyakit katarak yang setiap tahunnya cendrung bertambah,”sebutnya.
Karena itu diri berharap pada penerimaan PNS berikutnya tenaga medis, khususnya dokter spesialis, termasuk dokter spesialis mata porsinya bisa lebih dilebihkan, karena kita sangat kekurangan.
JURNALIS : TURMUZI

Jurnalis Cendana News wilayah NTB. Bergabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer lepas untuk beberapa media online dan cetak.

Akun twitter : @muzitur00
Lihat juga...