Organda Sambut Positif Penerapan Terminal Terpadu di Bakauheni

Terminal di Pelabuhan Bakauheni
LAMPUNG — Organisasi Gabungan Angkutan Darat (organda) menyambut positif pemberlakuan terminal terpadu di pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan Provinsi Lampung. Hal tersebut dinilai bagian dari peningkatan pelayanan kepada konsumen pengguna jasa angkutan yang menggunakan jasa pelayaran menggunakan kapal Roll on Roll Off (Roro) dari pelabuhan Merak menuju pelabuhan Bakauheni yang menyambung dengan angkutan darat berbagai kendaraan.
Pertemuan organda
Bendahara Organda wilayah Bakauheni, Murza mengungkapkan, penerapan terminal terpadu dengan memberlakukan tiket terusan tersebut saat ini sudah dipersiapkan oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT ASDP) Cabang Bakauheni. Beberapa loket sudah dipersiapkan termasuk kelengkapan terminal seperti ruang tunggu khusus.
“Kita sudah bicarakan dengan pihak ASDP dan beberapa perusahaan otobus serta pemilik travel sehingga kita bisa lebih memudahkan pengguna jasa,”ungkap Murza saat dikonfirmasi Cendana News dalam pertemuan dengan Manager Operasional PT ASDP Bakauheni, Heru Purwanto di kantornya, Kamis (05/11/2015).
Ia mengungkapkan, tiket terusan tersebut diberlakukan atas pertimbangan semakin banyaknya travel plat hitam yang merugikan travel resmi yang tergabung dalam DPC Organda baik tingkat Kabupaten Lampung Selatan maupun provinsi Lampung. Beroperasinya travel plat hitam selama ini dianggap merugikan konsumen karena minimnya jaminan dari pemilik travel plat hitam yang beroperasi dari Pelabuhan Bakauheni menuju Terminal Rajabasa dan sebaliknya.
“Jaminan yang kami maksud soal legalitas travel, izin trayek serta tentunya keselamatan penumpang, dengan adanya travel resmi dan tiket terusan makan jaminan bagi konsumen akan lebih ditingkatkan baik daris egi pelayanan maupun kenyamanan,”tegas Murza.
Murza mengungkapkan, saat ini ada sekitar 9 perusahaan travel, 22 perusahaan bus yang beroperasi di lintas Terminal Pelabuhan Bakauheni hingga ke Terminal Rajabasa Bandarlampung. Jumlah tersebut bahkan masih bisa bertambah saat musim angkutan liburan dan hari raya.
Sementara itu secara tekhnis penjualan tiket terusan tersebut oleh beberapa perusahaan angkutan akan dijual di kapal Roro dari Merak ke Bakauheni dengan loket loket khusus. Penumpang yang sudah membeli tiket di kapal saat turun di pelabuhan Bakauheni akan dijemput oleh masing masing travel sehingga tak perlu mengantri lama.
“Penerapannya akan kita evaluasi dan saat ini loket loket yang ada di Pelabuhan Bakauheni sudah disiapkan untuk pencocokan tiket,”ungkapnya.
JURNALIS : HENK WIDI

Bergabung dengan Cendana News pada bulan November 2014. Dengan latar belakang sebagai Jurnalis lepas di beberapa media dan backpacker, diawal bergabung dengan Cendana News, Henk Widi fokus pada pemberitaan wisata dan kearifan lokal di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Twitter: @Henk_Widi
Lihat juga...