Pakaian Nusantara Karya Siswa SMKN 3 Malang


MALANG — Ada yang menarik dalam acara pembukaan Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS) se-Jawa Timur yang di gelar di gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Dalam acara ini Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang didapuk untuk membuka acara tersebut, sesampainya di lokasi acara langsung disambut oleh para siswa siswi SMKN 3 Malang dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. 
Siapa sangka, pakaian-pakaian adat tersebut ternyata dirancang sendiri oleh para siswa siswi SMKN 3 Malang. Hal tersebut dibenarkan oleh Dian Sipangastuti selaku Waka Humas SMKN 3 Malang. Dian menjelaskan, pakaian adat yang dikenakan oleh para siswa siswinya tersebut merupakan hasil karya mereka sendiri.
“Di sekolah kami ada jurusan tata busana dan tata kecantikan sehingga mulai dari make up hingga modifikasi pakaian, mereka sendiri yang mendisain namun tentunya tetap menggunakan pakem dari pakaian daerah masing-masing,”jelasnya. 
Untuk tema pakaiannya sendiri, SMKN 3 Malang mengambil tema Nusantara, dimana dalam tema tersebut menampilkan hampir semua pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.
Tujuan diambilnya tema Nusantara kali ini adalah selain untuk mengenalkan kembali kepada siswa siswinya mengenai aset budaya Bangsa, juga untuk mengantisipasi terkikisnya budaya Bangsa dalam era globalisasi seperti sekarang ini.
“Indonesia memiliki begitu banyak kekayaan budaya, tetapi sayangnya tidak banyak orang yang mengetahuinya,”ujarnya. Oleh karena itu melalui pakaian Nusantara ini diharapkan masyarakat khususnya para pelajar bisa lebih mencintai budayanya sendiri dan turut serta melestarikan.
Sebelumnya, menurut Dian, tema yang ingin diangkat adalah Malangan untuk tema pakaian, namun kemudian berubah mejadi tema Nusantara yang tentunya semakin sulit sehingga para siswa harus belajar mengenai ciri khas pakaian daerah yang ada di Indonesia. Tetapi kerja keras siswa-siswi SMKN 3 Malang mempersiapkan Pakaian Nusantara selama satu minggu membuahkan hasil yang luar biasa indah. 
JURNALIS : AGUS NURCHALIQ

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur/Malang. Gabung dengan Cendana News Maret 2015. 

Akun twitter : @shugabst2
Lihat juga...