Pasar Modern Menjamur, Omset Pedagang Pasar Baru Merosot

Pedagang baju di Pasar Baru Jakarta
JAKARTA — Pasar Baru, dulu dikenal dengan Passer Baroe, merupakan salah satu pusat perdagangan yang legendaris di Jakarta, berlokasi di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Letaknya sangat strategis di jantung Ibukota Jakarta, berdekatan dengan Masjid Istiqlal dan stasiun kereta api Juanda.
Sejak didirikan sekitar tahun 1820 oleh Pemerintah Kolonial Belanda, bentuk bangunannya mengadopsi gaya khas Eropa dan Tiongkok telah menjadi pusat perbelanjaan yang lengkap dengan menyediakan berbagai kebutuhan, antara lain penjahit pakaian ( Tailor ), toko pakaian, toko sepatu & sandal, toko kaca mata, toko jam, toko elektronik, toko kain, toko alat olah raga, toko seragam sekolah dan toko perhiasan emas.
Sebelum banyak pusat – pusat perbelanjaan ( Mall ) moderen bertebaran di Jakarta seperti sekarang, dulu Pasar Baru sempat mengalami masa ” kejayaan ” selama puluhan tahun. Namun seiring dengan perkembangan jaman yang pesat, pada awal abad ke 20, pesona Pasar Baru kini mulai memudar, jumlah pedagang dan pengunjung perlahan mulai mengalami penurunan.
Dahlan, pemilik salah satu toko sepatu di Pasar Baru mengatakan, saat ini aktivitas pasar tidak seramai dulu dan hal tersebut sangat mempengaruhi pendapatan dari para pedagang. 
“Pasar Baru memang tidak seramai dulu, pengunjung dan pembeli yang masih datang kebanyakan  langganan tetap ” terangnya kepada Cendana News di kiosnya, Rabu (25/11/2015).
Hal yang senada juga dikatakan salah satu pedagang toko kain, Maisaroh . Dia mengatakan, saat ini omsetnya beberapa tahun belakangan mengalami penurunan.
“Omzet penjualan rata – rata mengalami penurunan, bila dibandingkan beberapa tahun yang lalu ” kata Maisaroh.
Sementara itu, salah seorang pembeli, Riana mengaku masih menjatuhkan pilihannya pada pasar baru tersebut dikarenakan harga yang ditawarkan lebih murah, namun kualitasnya hampir sama.
“Pasar Baru merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang paling sering saya kunjungi, dibandingkan dengan Mall, harganya jelas lebih murah dan bisa ditawar, namun kualitas barangnya boleh diadu ” jelasnya kepada Cendana News.
Pasar Baru merupakan pusat perbelanjaan tertua di wilayah DKI Jakarta. Kebanyakan yang berjualan dan tinggal di sekitar komplek Pasar Baru rata – rata adalah orang pribumi, keturunan Tionghoa, Arab dan India.[JURNALIS : EKO SULESTYONO]
Pintu masuk Pasar Baru

Salah satu taillor di Pasar Baru

Toko sepatu
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Eko Sulestyono
Lihat juga...