Pasar Ruteng Berselimut Sampah, Timbulkan Kesan Jorok

Tumpukan sampah di lokasi bekas kebakaran

FLORES — Kecenderungan membuang sampah tidak pada tempatnya telah menyebabkan banyak titik lokasi di Kota Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) menimbulkan kesan jorok. Banyaknya tumpukan sampah termasuk di antaranya telah menyelimuti pula lokasi kebakaran dekat Pasar Ruteng. Tumpukan sampah tampak makin menggunung di lokasi ini setelah cukup lama dijadikan para pedagang pasar setempat sebagai tempat pembuangan.
Sejumlah warga yang didapati Cendana News sedang berkunjung di Pasar Ruteng mengakui terus meningkatnya tumpukan sampah di lokasi kebakaran tersebut sangat mengganggu kenyamanan bertransaksi. 
“Jelas sangat tidak enak. Tempatnya dekat dengan pasar. Kita sepertinya bukan datang beli di pasar lagi ini,” ungkap Niko Djenarut di Ruteng, Sabtu (21/11/2015).
Hal serupa disampaikan pula oleh Yustina Dewi. Tindakan membuang sampah di lokasi dekat pasar, kata dia, menunjukkan bukti masih rendahnya kesadaran warga terhadap pentingnya kebersihan. Dirinya sangat menyayangkan keadaan seperti ini bisa terjadi di kawasan umum yang sangat strategis. Keprihatinan yang lebih besar lagi adalah jika hal tersebut justru merupakan ulah dari para pedagang pasar sendiri.
“Ini sudah sakit mental yang luar biasa. Jelas sekali kalau masih banyak warga di sini yang belum sadar betul soal kebersihan,” celoteh Dewi kepada Cendana News di Pasar Ruteng.
Dewi berharap, pemerintah bisa secepatnya turun tangan mengatasi persoalan sampah yang ada. Ketegasan pemerintah menurutnya bahkan bisa mendorong warga untuk tertib membuang sampah. 
“Susah memang kalau pemerintah juga ikut ‘tidur’.  Mana mungkin mereka sama sekali tidak tahu. Paling kurang bisa lihat saat sesekali berkunjung ke pasar,” ujarnya berharap.
Pantauan Cendana News, tumpukan sampah di lokasi kebakaran dekat Pasar Ruteng telah memicu timbulnya bau tak sedap bagi para pedagang dan pengunjung pasar. Hal ini diduga merupakan ulah para pedagang sendiri. Makin tak terurusnya masalah sampah di lokasi ini sudah membuat tumpukan sampah bahkan makin berserakan hingga ke tangga naik-turun dari dan menuju pasar. [JURNALIS : FONSI ECONG]
Lihat juga...