Pasar Tumpah Pondok Gede, Antara Kemacetan dan Cari Nafkah

Pasar Pondok Gede
JAKARTA— Pasar Pondok Gede, Jakarta Timur yang menjadi pusat perbelanjaan daerah sekitar saat ini memiliki beberapa permasalahan laksana dua mata uang, antara ingin menjangkau langsung pelanggan hingga kekurangan tempat berjualan. Tingginya animo pembeli dan pedagang yang melakukan aktivitas membuat badan jalan juga ikut terpakai untuk tempat jual beli. 
Setiap sore mulai pukul 16:00 WIB hingga 07:00 WIB keesokan harinya, sepanjang jalan depan Pasar Pondok Gede selalu dipenuhi oleh lapak – lapak PKL. Para pedagang menyediakan aneka barang dagangan kebutuhan pokok, mulai buah – buahan, daging ayam, berbagai jenis lombok, bermacam ikan segar tangkapan nelayan, daging sapi, daging kambing sampai aneka bumbu dapur.
“Setiap hari, para pedagang PKL di pasar Pondok Gede mulai menata lapak dagangannya mulai pukul 16:00 WIB dan berakhir pada pukul 07:00 WIB hari berikutnya, kalau siang hari memang tidak boleh berjualan di sini oleh Satpol PP,”ungkap penjual buah pepaya, Ade kepada Cendana News, Jumat (20/11/2015),
Namun ade tidak menampik, dengan membuka dagangan pada badan jalan tersebut dapat menyebabkan penyempitan dan berujung pada kemacetan, terutama pada jam-jam sibuk. Namun kendala tersebut tidak menyurutkan para pembeli.
Seperti yang dibenarkan oleh salah seorang pembeli, Nurjanah yang menyebutkan, meski kemacetan terjadi akibat aktivitas jual beli, namun tidak menyurutkan keinginannya mendatangi pasar Pondok Gede untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
” Walapun secara umum kebanyakan keadaan pasar – pasar tradisional macet dan semrawut, namun nyatanya hal tersebut sama sekali tidak menyurutkan antusias para pembeli, mereka tetap saja mendatangi dan membeli  berbagai kebutuhan pokok rumah tangga, walaupun sebenarnya pusat – pusat perbelanjaan moderen banyak bertebaran di mana – mana,” kata Nurjanah, seorang pembeli kepada Cendana News.
Polemik antara pengguna jalan, pedagang yang mencari nafkah, hingga pembeli yang membutuhkan memerlukan penangan yang bijaksana dari pemerintah, agar semuanya mendapatkan keuntungan tanpa harus menyingkirkan salah satunya.[JURNALIS : EKO SULESTYONO]
Aktivitas jual beli

Kendaraan Parkir
Lihat juga...