Pelni Balikpapan Perkirakan Penumpang Natal Meningkat 3 Persen

Kepala Cabang PT Pelni Cabang Balikpapan Nawawi Kamarulloh
BALIKPAPAN — Kenaikan jumlah penumpang angkutan transportasi laut saat Natal dan Tahun baru diperkirakan akan melonjak sekitar 3 persen dari bulan sebelumnya. 
“Prediksi ada kenaikan, namun tidak terlalu banyak saat lebaran idul fitri. Kemungkinan ada kenaikan sekitar 3 persen,” jabar Kepala Cabang PT Pelni Cabang Balikpapan, Nawawi Kamarulloh saat ditemui di kantornya, Sabtu (28/11/2015).
Nawawi mengatakan, jadwal kapal akan berangkat pada bulan Desember sudah dikeluarkan oleh PT Pelni dan calon penumpang sudah dapat membelinya jauh hari. 
Adapun rute favorit saat Natal diantaranya menuju Kupang Maumere. Tidak hanya itu daerah Amirang dan Bitung juga menjadi tujuan untu rute Natal. “Keberangkatan reguler tujuan Kupang misalnya dari 300 penumpang menjadi 700 an penumpang,” serunya.
Ia menyebutkan, pada saat natal akan mulai terlihat pada minggu Kedua bulan Desember. Saat ini mereka calon penumpang masih melihat jadwal keberangkatan sekaligus menyesuaikan libur mereka. 
Sedangkan jadwal keberangkatan kapal yakni mulai awal Desember selanjutnya 12, 13, 15, 20 dan 26 Desember. Dan harga tiket nya sendiri bervariasi dari Rp 348.000 sampai Rp.439.000.
Nawawi sangat Optimis angkutan penumpang Natal dan Tahun baru akan menambah jumlah penumpang yang terangkut oleh Pelni, dan akan mencapai target tahun ini. Apalagi tahun ini target penumpang sudah melebih dari target jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 
“Saat ini realisasi penumpang yang terangkut sampai oktober mencapai 132persen,” serunya.
Naiknya jumlah penumpang yang terangkut tahun ini lanjutnya karena sejak awal tahun adanya tambahan armada baru yakni KM Lambelu. Dengan demikian jumlah armada yang beroperasi ada 3 armada yang berangkat dari dan ke Balikpapan dimana kapasitasnya masing-masing armada sebanyak 2.000 penumpang. 
“Iya sejak ada tambahan satu armada penumpang yang terangkut jadi naik, sehingga kini targetnya sudah melampaui,” tutupnya. 
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Ferry Cahyanti
Lihat juga...