Pendiri HMI, Lafran Pane Dianggap Pantas Menjadi Pahlawan

SURABAYA — Lafran Pane merupakan salah satu pendiri organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dengan berbagai pertimbangan dan prestasi yang ia capai, menurut sebagian kalangan ia dianggap pantas mendapatkan predikat pahlawan.
Dalam seminar yang bertajuk ‘Jejak Hayat dan Pemikiran Lafran Pane dalam Pusaran Sejarah Perjuangan Bangsa’ di Aula Garuda Mukti Kantor Managemen lantai 5 Kampus C Universitas Airlangga Surabaya, Minggu, 15 November 2015 jam 09.00 – 16.00 WIB yang diselenggarakan oleh HMI.
Ir. Akbar Tandjung sebagai salah satu panelis mengungkapkan, HMI merupakan organisasi terbesar di Indonesia. Tugas utama dari HMI adalah mempertahankan, membela, memproklamasikan kemerdekaan RI serta mengisinya dengan kegiatan positif.
“HMI merupakan simbol perjuangan ideologi nasionalisme, islam, sosialisme dan bahkan komunisme,” terangnya.
HMI sebagai masyarakat juga wajib mempertahankan NKRI, meninggikan derajat Rakyat dan mengembangkan ajaran Islam terutama bagi mahasiswa.
“Selain itu, spirit keislaman di HMI lah yang tidak bisa dipisahkan,” tegasnya.
HMI merupakan organisasi independen yang berlandaskan ideologi Islam, dan mempertahankan kemerdekaan RI.
“Lafran Pane dari prestasi, perjuangan dan ideologi, pantas dan tepat menjadi pahlawan nasional,” pungkasnya.
Selain itu, Prof. Dr. M. Zaidun S.H., M.Si Guru Besar Unair mengungkapkan, semangat indepedensi seperti Lafran Pane dan HMI lah yang harus tetap dijaga.
“Lafran Pane orang yang bersahaja, cukup cerdas menghadapi masalah konflik terkait nasionalisme dan agama dan ia selalu menekankan NKRI merupakan final dan harus tetap dijaga keutuhannya,” terangnya.

JURNALIS : CHAROLIN PEBRIANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur. Gabung dengan Cendana News Mei 2015. 

Akun twitter : @charolineemoo
Lihat juga...