Lebaran CDN

Pengamat: Kisruh Freeport Obrak-abrik Kabinet Kerja

JAKARTA — Direktur Global Future Institute (GFI) Hendrajit menilai, kisruh PT Freeport telah mengobrak-abrik menteri kabinet kerja Pemerintahan Jokowi-JK. Freeport dinilai sedang mengadu-domba lingkar dalam kekuasaan pemerintahan Jokowi-JK yang ingin jadi komparadornya.
“Di Rezim jokowi, kita telah mengalami pelemahan sistem kenegaraan, Sistem yang koruptif di semua tingkatan, baik pusat maupun daerah, di Legislatif, Judikatif maupun eksekutif,” ujar Hendrajit dalam rilis yang diterima Cendana News di Jakarta, selasa (24/11/2015).
Dikatakan, Produk hukum dan perundang-undangan NKRI telah berhasil dibelokkan dari pro kepentingan nasional menjadi pro korporasi asing dan korporasi lokal.
“Memutus keterhubungan antara dunia modern saat ini dengan kearifan lokal atau puncak-puncak kebudayaan masing masing daerah di nusantara,” tutur dia.
Kendati demikian, Hendrajit menyampaikan banyak pihak berharap presiden tampil di depan publik untuk memberi arahan kebijakan yang jelas, sekaligus meluruskan kesemrawutan seputar isu perpanjangan kontrak karya Freeport.
Namun kata dia, ada juga kalangan yang skeptis, bahwa Jokowi kalaupun akhirnya nanti tampil di depan umum dan menyatakan sikap, hanya bereaksi atas dasar arus tekanan opini publik sekadar untuk membangun citra sebagai pemimpin pro rakyat.

“Menurut saya, Jokowi adalah sosok pemimpin pragmatis selalu berpikir menurut program, dengan menghadapkan diri pribadinya secara terus-menerus untuk pencitraan,” ungkapnya.



JURNALIS : ADISTA PATTISAHUSIWA

Jurnalis Cendana News wilayah DKI. Jakarta. Bergabung dengan Cendana News pada Juni 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis di beberapa media lokal dan nasional. 

Akun twitter : @dinopattisdebby

Editor : ME. Bijo Dirajo / Sumber Foto : Istimewa
Lihat juga...