Perlambatan Ekonomi Sebabkan Penghimpunan DPK Merosot Tajam

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani
BALIKPAPAN — Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Suharman Tabrani menilai, jika kondisi perlambatan ekonomi masih berlanjut pada tahun mendatang maka diprediksikan daya beli masyarakat akan semakin menurun, sehingga kemampuan masyarakat untuk menyimpan uangnya di bank juga menurun. 
“Apabila kondisi perlambatan ekonomi masih berlanjut pada tahun depan maka daya beli masayarakat akan turun. Sama halnya menyimpan dananya juga menurun,” tandasnya.
Dijelaskan, kuartal III tahun ini pertumbuhan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) perbankan di Kota Balikpapan tumbuh sebesar 0,56 persen secara tahunan. Pertumbuhan itu dipengaruhi oleh pertumbuhan negatif jenis simpanan tabungan dan giro. 
Disebutkan, pertumbuhan dana pihak ketiga secara tahunan pada triwulan I/2015 mencapai 8 persen, menurun pada triwulan II dengan pertumbuhan sebesar 6,1 persen, dan semakin merosot tajam pada akhir triwulan III yang hanya mencapai 0,56 persen. 
“Penghimpunan dana pihak ketiga trennya tumbuh melambat sejak kuartal pertama, ini menunjukkan masyarakat lebih menggunakan uangnya untuk memenuhi keperluannya, sehingga porsi uang untuk disimpan pun berkurang,” tuturnya, baru-baru ini kepada media. 
Sedangkan pertumbuhan simpanan deposito sampai saat ini mencapai 14,5 persen dan menopang pertumbuhan dana pihak ketiga saat menurun dari realisasi pertumbuhan tahunan pada kuartal II/2015 yang mencapai 19,7 persen.
Lanjut Suharman pertumbuhan dana pihak ketiga yang cenderung melambat, ternyata berbanding terbalik pada pertumbuhan tahunan kredit perbankan kota Balikpapan. Dimana pertumbuhan kredit di kuartal III ini tumbuh positif 6,8 persen dengan nominal penyaluran kredit sebesar Rp22,61 triliun. 
Menurutnya, masih tumbuhnya kredit perbankan itu disumbang oleh kredit konsumsi dan kredit modal kerja dengan nominal masing-masing mencapai Rp9,02 triliun dan Rp9,05 triliun. 
Pertumbuhan kredit pada dua segmen ini dipengaruhi oleh komponen yang juga masih tumbuh, seperti kredit pemilikan rumah dan kredit kendaraan roda dua. Sementara kredit kendaraan roda empat dan kredit multiguna menunjukkan penurunan. 
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Lihat juga...