Persiapkan SDM, 5.221 Guru di Ambon akan Ikut Uji Kompetensi

pertemuan wali kota bersama ribuan guru
AMBON — Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) guru di Kota Ambon, pemerintah kota berencana mengeglar uji kompentensi yang akan diikuti oleh 5.221 tenaga pendidik. Hal tersebut disebutkan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy dalam pertemuan bersama, Minggu (08/11/2015)
Disebutkan, pendidikan adalah jantung melangsungkan sumber daya manusia anak bangsa di seluruh Indonesia termasuk Kota Ambon Maluku. Guru bukan sekedar instrumen namun memiliki peran penting guna mencerdaskan anak bangsa di tanah air.
Dikatakan, sebanyak 5.221 guru di Kota Ambon akan mengikuti UKG secara nasional kaitannya dengan persiapan pembinaan kualitas SDM terhadap guru di Kota Ambon.
“UKG bukan sekedar menambah penghasilan atau tunjangan, namun menjadi bagian investasi masa depan generasi anak bangsa,” ucapnya.
UKG akan dilaksanaan mulai Senin, tanggal  9 hingga 27 November 2015 dengan menggunakan sistem online dan dilakukan dalam bentuk bahan mengajar guru guna pengembangan ilmu pengetahuan.
Untuk UKG diberlakukan sistem adalah komputerisasi (online), agar para pahlawan tanpa tanda jasa di kota Ambon itu bisa menguasai teknologi dan informatika.
“Uji Kompetensi Guru merupakan upaya meningkatan kualitas dan pengembangan guru, hal tersebut akan mewujudkan program peningkatan kualitas pendidikan di Kota Ambon,” paparnya.
Di tempat yang sama Kepala dinas Pendidikan kota Ambon, Benny Kainama mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi guru berlangsung di 12 lokasi Tempat antara lain, SMAN 1 Ambon, SMPN 6, SMPN 2 dan sejumlah sekolah lainnya.
Uji kompetensi akan berdampak pada kualitas pendidik menyampaikan materi pelajaran kepada siswa di sekolah. 
“Kebijakan pemerintah ini agar para guru memiliki sertifikasi kompetensi, sehingga dapat menjalankan fungsi atau tanggung jawab dengan baik,” sebutnya.
Menyangkut pelaksanaan UKG sendiri akan ada penghargaan bagi guru berupa kenaikan pangkat, sehingga wajib diikuti.
“Bagi para guru tidak boleh ada yang main-main atau tidak ikut UKG. Jika tidak ikut berarti tidak terdaftar dalam jabatan guru. Untuk kota Ambon kita sudah siap, karena kita sudah lewati tahapan sosialisasi, uji coba TUK pada 27 – 28 Oktober 2015,” katanya.
JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY

Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy
Lihat juga...