Personil TNI AL Diterjunkan Amankan Area Pelabuhan

Personil TNI AL awasi keamanan di pelabuhan

LAMPUNG — Berikan pelayanan maksimal, pengamanan di area Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan Provinsi Lampung semakin ditingkatkan dan diperketat. Selain itu pengamanan melibatkan personil Security, polisi dan menambah personil dari TNI Angkatan Laut (AL) yang mulai melakukan tugasnya belum lama ini.
Menurut Manager Operasional PT ASDP Bakauheni, Heru Purwanto,penambahan personil TNI AL di area Pelabuhan Bakauheni tersebut berjalan di semua area Pelabuhan mulai area dermaga plengsengan, dermaga 1-6 dan area terminal Pelabuhan Bakauheni. Pengamanan yang menggandeng anggota TNI AL tersebut bahkan menurut Heru Purwanto bukan merupakan keputusan PT ASDP Bakauheni melainkan keputusan Kementerian Perhubungan.
“Ini merupakan kerjasama antara kementerian perhubungan dengan direksi PT ASDP pusat yang merupakan salah satu objek vital sarana transportasi dimana pengamanan objek vital melibatkan TNI,”ujar Heru Purwanto saat dikonfirmasi media Cendana News, Sabtu (21/11/2015).
Heru menegaskan, jika saat ini di Bakauheni banyak yang mempertanyakan persoalan pengamanan yang dianggap berlebihan tersebut dapat melakukan komplain ke pihak Kementerian Perhubungan serta Panglima TNI karena kerjasama tersebut sudah disepakati.
Bahkan Heru mengungkapkan, penerapan pengamanan melibatkan TNI tersebut  bukan saja di pelabuhan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melibatkan TNI untuk menjaga dan mengamankan sejumlah objek vital lainnya diantaranya  bandara, stasiun kereta api, dan beberapa sarana transportasi lain. 
“Kerjasama tersebut langsung oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko melalui memorandum of understanding terkait pengamanan objek vital di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur beberapa waktu lalu, jadi ini bukan keputusan pelabuhan Bakauheni,”ungkap Heru.
Dalam MoU tersebut panglima TNI Jenderal Moeldoko mengungkapkan salahs atu Mou yang dilakukan TNI guna untuk memperlancar pembangunan nasional sesuai dengan amanat Undang- Undang Nomor 34/2014 tentang TNI. 
Bahkan menurut Panglima TNI, personel akan diperbantukan ke bandara, pelabuhan serta obyek transportasi di bawah Kemenhub untuk pengamanan objek vital. Personel TNI yang akan diperbantukan adalah personel yang memasuki masa pensiun sekaligus untuk magang dalam masa persiapan pensiun (MPP). 
Pantauan Media CDN, dalam pelaksanaannya di area terminal Pelabuhan Bakauheni telah diberlakukan peraturan baru yakni kendaraan roda dua dan roda empat plat hitam dilarang untuk masuk kekawasan terminal Pelabuhan Bakuheni .
“Kami hanya menjalankan tugas yang diintruksikan dari pusat dan itu semua diberlakukan untuk semua pihak tanpa terkecuai meskipun itu pegawai dari ASDP sendiri,“ terangnya.
Ia menjelaskan, penjagaan didepan pintu masuk terminal Pelabuhan Bakuheni pun bukan anggota dari Kepolisian yang menjaga melaikan lansung dari TNI AL. Penjagaan yang dilakukan oleh TNI AL tersebut atas memorandum of understanding (MOU) yang dilakukan oleh Dirjen perhubungan dan panglima TNI.
Lanjutnya, anggota TNI AL yang berjaga di area Pelabuhan Bakuheni berjumlah 20 anggota dan dibagi menjadi dua shif. Dan kawasan penjagaan mereka pun bersifat fleksibel tidak ada penentuan untuk titik-titik penjagaannya.
“TNI AL yang berada disini ada 20 orang akan tetapi perharinya hanya ada 10 orang yang berjaga dam mereka pun bersifat Fleksibel untuk area penjagaannya, “ lanjutnya.
Heru menambahkan, pengamanan yang dilakukan TNI AL tersebut untuk membuat kawasan Pelabuhan Bakuheni lebih aman dan kondusif terutama di area-area vital yang berada dikawasan Pelabuhan Bakuheni.
“Dengan adanya TNI AL ini untuk menekan angka kejahatan dipelabuhan ini karena kita tau kriminalitas di hampir setiap Pelabuhan maupun bandara masih cukup tinggi,“ tambahnya.
Semenjak anggota TNI berjaga di pintu masuk area dermaga, terminal Bakauheni suasana di terminal tersebut terlihat lebih tertib dibandingkan sebelumnya. Bahkan kendaraan travel plat hitam, kendaraan roda dua yang selama ini parkir sembarangan di area terminal sudah disediakan lokasi khusus baik untuk pengantar.
JURNALIS : HENK WIDI

Bergabung dengan Cendana News pada bulan November 2014. Dengan latar belakang sebagai Jurnalis lepas di beberapa media dan backpacker, diawal bergabung dengan Cendana News, Henk Widi fokus pada pemberitaan wisata dan kearifan lokal di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Twitter: @Henk_Widi
Lihat juga...