Perupa Kota Malang Gelar Pameran “Abstrak Hari Ini”

Pameran lukisan abstrak
MALANG — Sebanyak 9 orang pelukis (perupa) kota Malang memamerkan karyanya dalam acara yang diadakan oleh Dewan Kesenian Malang (DKM) di jalan Mojopahit No.3 Malang. Menurut salah satu perupa, Yon Wahyuono (Bang Yon) sekaligus koordinator acara mejelaskan bawa Pameran yang bertajuk “Abstrak Hari ini” digelar mulai tanggal 21 November hingga 30 November mendatang.
Yon Wahyuno
“Ada tiga ruangan yang digunakan untuk menampilkan 24 karya lukisan dan juga seni instalasi dari 9 orang perupa yaitu Didiek Mintardi, Goweng, Jonnie K, Leeman, M. Eksan, M. Sattar, M. Arifin, S. Drajad, dan saya sendiri Yon Wahyuono,”jelasnya.
Acara pameran ini dilatar belakangi keinginan para perupa untuk membuat sebuah acara pameran untuk memamerkan karya-karya abstrak mereka. Kegiatan tersebut selain untuk mewadahi karya para perupa, tetapi juga untuk menyadarkan masyarakat tentang kondisi lingkungan dan politik di Indonesia melalui karya lukisan dan seni instalasi.
“Oleh karena itu dalam pameran Abstrak Hari Ini banyak perupa yang memamerkan karya-karyanya dengan tema lingkungan, sosial dan budaya serta politik, bahka masalah traficking juga menjadi salah satu tema yang diangkat dalam karya yang di pamerkan kali ini,” ungkapnya.
Bang Yon juga menyampaikan rasa kekecewaannya terhadap Pemkot Malang yang menurutnya masih kurang memperhatikan para seniman. Contohnya saja, pada acara pembukaan pameran sebenarnya kami ingin melibatkan pemerintah, namun nyatanya mereka tidak ada yang datang atau mengirimkan wakilnya untuk datang ke acara pembukaan pameran. 
“Bahkan sampai hari ini saja belum ada orang pemerintahan yang mengunjungi pameran ini. Padahal lokasi pameran ini tidak jauh dari Balaikota maupun gedung DPRD,” sesalnya.
JURNALIS : AGUS NURCHALIQ

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur/Malang. Gabung dengan Cendana News Maret 2015. 

Akun twitter : @shugabst2
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Agus Nurchaliq
Lihat juga...