Petani Kabupaten Lombok Tengah Dapat Bantuan Bibit Kedelai

Warga Dusun nampak sedang mengambil bibit kedelai yang diberikan Pemkab Lombok Tengah
LOMBOK — Musim hujan tiba, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat memberikan bantuan bibit kedelai kepada ribuan petani untuk ditanam di ladang maupun lahan bercocok tanam lain.
“Sebagian besar petani kita di NTB, terutama Pulau Lombok bagian selatan yang merupakan daerah tadah hujan, jelang musim hujan tiba, selain menanam padi, juga banyak dimanfaatkan untuk menanam tanaman palawija seperti jagung, kacang – kacangan dan sayuran termasuk juga kedelai,” kata Kepala Dusun Pantek, Darmawan, Senin (30/11/2015)
Darmawan mengatakan, musim tanam yang hanya bisa dilakukan satu tahun sekali, yaitu setiap musim hujan di daerah selatan yang merupakan daerah dengan tadah hujan, memang benar – benar dimanfaatkan oleh warga untuk menanam berbagai jenis tanaman seperti palawija.
Umar petani Desa Banyu Urip lain mengatakan, penanaman tanaman palawija di ladang maupun lahan baru yang dibuka di kawasan pegunungan, selain dilakukan untuk kebutuhan konsumsi juga sebagai tanaman tambahan bernilai ekonomis tinggi, sementara menunggu tanaman padi panen.
“Atas kondisi itulah, Pemkab Lombok Tengah setiap tahun saat musim hujan tiba memberikan bantuan bibit tanaman palawija secara bergantian, bisa berupa kedelelai, jagung maupun beberapa jenis tanaman palawija lain untuk ditanam, di mana setiap petani mendapatkan jatah bibit kedelai sebanyak lima kilo,”sebutnya.
JURNALIS : TURMUZI

Jurnalis Cendana News wilayah NTB. Bergabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer lepas untuk beberapa media online dan cetak.

Akun twitter : @muzitur00
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Turmuzi
Lihat juga...