Peternak Butuh Pelatihan Fermentasi Pakan Ternak

Pakan ternak
LAMPUNG — Beberapa warga di wilayah Lampung masih mempertahankan pola peternakan tradisional dengan sistem mencari pakan saat petani sedang panen. Saat musim panen, peternak mencari jerami yang digunakan sebagai bahan pakan ternak mereka. Sementara dilain waktu mereka menggunakan kesempatan untuk mencari rumput di wilayah yang masih cukup subur di tumbuhi rumput. 
Hingga saat ini masyarakat masih belum menggunakan pola pembuatan pakan ternak semi modern dengan pengolahan pakan ternak fermentasi. 
Salah satu warga, Joni (34) mengaku berharap dinas terkait bisa memberi pelatihan tata cara pengolahan pakan ternak yang lebih modern sehingga bisa awet serta dapat digunakan untuk stok saat kesulitan pakan.
“Saat kemarau kendala peternak kan pakan, jadi kami berharap pemerintah bisa memberikan pelatihan kepada kami dalam melakukan pengolahan pakan untuk ternak kami,”ungkapnya.
Joni berujar selama ini pakan hijauan serta pakan hasil pertanian menjadi sumber pakan alami untuk ternak miliknya yang berjumlah empat ekor. Ia mengaku ingin belajar pembuatan pakan semi modern agar saat musim kemarau ia memiliki stok pakan bagi ternak miliknya.
MINGGU, 01 November 2015
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Jurnalis       : Henk Widi
Bergabung dengan Cendana News pada bulan November 2014. Dengan latar belakang sebagai Jurnalis lepas di beberapa media dan backpacker, diawal bergabung dengan Cendana News, Henk Widi fokus pada pemberitaan wisata dan kearifan lokal di wilayah Lampung dan sekitarnya.
Akun Twitter: @Henk_Widi
Lihat juga...