PGSI Minta Pemerintahan Jokowi-JK Realisasikan Janji

Demo guru di depan Istana, Kamis (25/11/2015)
JAKARTA — Janji pemerintah untuk mengangkat status guru honorer kembali ditagih Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI). Hal tersebut dikarenakan, hingga saat ini belum ada terlihat realisasi dari janji tersebut.
Ketua Umum Pengurus Besar, Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) Mohammad Patah meminta pemerintah merealisasikan janjinya dengan mengangkat status guru honorer yang selama ini tidak kunjung dilaksanakan.
“Saya sangat berharap agar pemerintah bisa menuntaskan janji-janjinya, sebab nasib guru-guru honorer di daerah begitu miris, dan tentunya lagi menunggu, diangkat sebagai honorer kategori-3/K3, “ujar Ketua Umum Pengurus Besar, Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI), Muhahammad Fatah saat dihubungi Cendana News, di Jakarta, kemarin.
Dirinya menyampaikan sejauh ini PGSI selalu memperjuangkan hak hak tersebut kepada pemerintah.
Namun, sambung dia, hingga kini, belum juga menemukan titik terang, Pemerintah malah terkesan cuek.
“PGSI berharap agar pemerintah mengeluarkan kebijakan yang dapat mengangkat status profesi dan kesejahteraan guru honorer,” kata dia.
Mohammad menyebut, Nawacita yang digagas presiden Jokowi, seharusnya menjadi landasan Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menyusun kebijakan umum pembangunan, Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia serta memperteguh kebinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.
Namun, kata dia, kondisi di lapangan, guru sebagai pencetak generasi penerus bangsa merasa sebagai pihak yang kurang didukung oleh pemerintah.
“Gaji guru dikebiri, di Ibukota Jakarta sendiri masih ada yang dibawah UMR, Rp 300 ribu per bulan, apalagi di daerah daerah terpencil,” kesalnya.

JURNALIS : ADISTA PATTISAHUSIWA

Jurnalis Cendana News wilayah DKI. Jakarta. Bergabung dengan Cendana News pada Juni 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis di beberapa media lokal dan nasional. 

Akun twitter : @dinopattisdebby
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Adista Pattisahusiwa
Lihat juga...