PT ASDP Bakauheni Berlakukan E-Ticketing Pengguna Jasa Pelayaran

Kendaraan memasuki gerbang pelabuhan Bakauheni
LAMPUNG — Memberikan pelayanan maksimal, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP)  Indonesia Ferry cabang Bakauheni  Lampung mulai memberlakuan elektronik ticketing (E-Ticketing).
“Malam ini kita lakukan sosialisasi dan penerapan serta penyempurnaan e-ticketing. Kami juga masih melakukan konfigurasi agar hasilnya sesuai, kalau semua sudah siap baru kita operasikan,” ungkap General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Tommy L Kaunang saat dikonfirmasi Cendana News, dalam pelaksanaan e ticketing di Tol Gate Pelabuhan Bakauheni, Selasa (24/11/2015).
Disebutkan, pemberlakuan e-ticketing akan membuat pelayanan di Pelabuhan Merak lebih modern dan mudah. Menurutnya E-ticketing punya multifungsi, namun yang paling ingin dicapai adalah pelayanan yang maksimal. 
“Disamping itu, dengan pelayanan ini kita tidak hanya mengetahui jumlah mobil dan nomor platnya saja, tetapi juga secara otomatis dapat merekam berapa jumlah penumpang di dalamnya,”sebutnya.
Pemberlakuan e-ticketing tersebut menurut Tommy sudah disosialisasikan selama tiga bulan sebelumnya dan akan langsung diterapkan pada malam ini mulai pukul 20:00 WIB.
Pemberlakuan e-ticketing menurut Tommy pertama kali dilakukan di lintasan Selat Sunda sebagai percontohan sementara pemberlakuan di lintasan lain di Indonesia sedang dalam persiapan dan akan segera menerapkan sistem serupa penerapan e-ticketing.
Disambut Positif Operator Pelayaran Selat Sunda
Pemberlakuan authomatic e-ticketing tersebut disambut positif oleh operator. Kepala Cabang PT JM Cabang Bakauheni Martoyo, yang mengoperasikan sebanyak 6 kapal Roro di Selat Sunda mengungkapkan sisi positif diantaranya mengenai jenis kendaraan yang tersistem dan terbaca secara elektronik.
“Pemberlakuan tiket otomatis ini tentunya menguntungkan operator dan pengguna jasa karena menggunakan sistem elektronik,”ungkap Martoyo.
Bahkan pemberlakuan tersebut mendapat dukungan dari Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai dan Penyeberangan (Gapasdap) yang menjadi wadah bagi sekitar 19 perusahaan pelayaran di lintasan Selat Sunda.
Martoyo selaku kepala cabang JM yang tergabung dalam Gapasdap berharap pelaksanaan e-ticketing bisa berjalan dengan baik agar tidak terjadi komplain dari pengguna jasa pelayaran.
Penerapan e-ticketing yang diterapakan mulai hari ini pun disambut positif Kepala Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bakauheni Agustinus Aruan, menurutnya dengan adanya e-ticketing maka akan berdap[ak positif dalam penghitungan jumlah manifest penumpang. Sebab dengan penerapan tersebut penghitungan jumlah penumpang yang akan naik ke kapal.
“Syahbandar sangat mendukung langkah peningkatan pelayanan tiket elektronik karena akan menguntungkan pihak penumpang jika saat terjadi kecelakaan laut maka data penumpang di manifest akan terbaca,”ungkapnya.
Dari pantauan CDN saat ini PT ASDP memberlakukan tiket untuk kendaraan dan penumpang mulai dari golongan I hingga golongan XII. Pemberlakuan e-ticekting diharapkan  bisa memberi keteraturan bagi kendaraan serta penumpang pejalan kaki yang akan menyeberang.

JURNALIS : HENK WIDI

Bergabung dengan Cendana News pada bulan November 2014. Dengan latar belakang sebagai Jurnalis lepas di beberapa media dan backpacker, diawal bergabung dengan Cendana News, Henk Widi fokus pada pemberitaan wisata dan kearifan lokal di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Twitter: @Henk_Widi
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Henk Widi
Lihat juga...