Puluhan Kura Kura Tanpa Dokumen Diamankan KSKP Bakauheni

LAMPUNG — Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni mengamankan 30 ekor kura-kura tanpa dokumen dalam operasi rutin yang dilakukan di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan sekitar pukul 6:30 WIB pagi ini.
Menurut Kepala KSKP Bakauheni AKP Ferya Kurniawan, 30 ekor kura kura tersebut dengan  rincian 24 ekor kura kura  jenis gading dan 6  ekor kura kura jenis daun.
“Kami lakukan pemeriksaan terhadap kendaraan pembawa dan setelah ditemukan puluhan ekor kura kura tersebut langsung kita amankan dan diserahkan ke karantina ikan,”ujar AKP Ferya Kurniawan kepada Cendana News, di Bakauheni, Rabu (11/11/2015).
Mantan Kasatreskrim Polres Lampung Selatan tersebut mengaku kronologis penangkapan tersebut terjadi saat KSKP Bakauheni melakukan pemeriksaan terhadap bus Antar Provinsi. Berdasarkan keterangan, puluhan ekor kura kura tersebut  dibawa dari Bengkulu dan direncanakan tujuan Jakarta, namun tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah.
”Komunikasi pengirim dengan penerima menggunakan nomor telepon jika kura kura tersebut telah sampai ke tujuan di Jakarta tanpa diketahui nama penerima,”ungkapnya.
Ia menuturkan penyelundupan satwa sering terjadi melalui pintu masuk Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan dengan menggunakan modus menyamarkan dengan komoditas lain serta menggunakan alat transportasi umum atau jenis kendaraan ekspedisi. Penggunaan komoditas lain tersebut dilakukan untuk mengelabui petugas polisi yang berjaga di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni.
Selanjutnya menurut AKP Ferya Kurniawan, saat ini barang bukti berupa puluhan ekor kura kura 
tersebut sudah dikirim atau dilimpahkan pihak Balai Karantina Ikan Wilayah Kerja Bakauheni.
Sementara Kepala Balai Karantina Ikan Wilayah Kerja Bakauheni Catur menyatakan bahwa pengiriman kura kura tersebut tidak memiliki dokumen perkarantinaan seperti yang seharusnya dilengkapi untuk pengiriman satwa.
“Benar sudah dilimpahkan ke sini, jumlahnya sebanyak. 30 ekor kura kura jenis gading dan daun,” kata Catur pula.
Penyelundupan atau pengiriman satwa jenis kura kura tersebut menurut Catur melanggar Undang Undang Republik Indonesia nomor 16 tahun 1992 tentang Karantina hewan, ikan dan tumbuhan. Untuk proses penyidikan lebih lanjut barang bukti satwa jenis kura kura tersebut masih diamankan di kantor Balai Karantina Ikan Wilker Bakauheni.
JURNALIS : HENK WIDI

Bergabung dengan Cendana News pada bulan November 2014. Dengan latar belakang sebagai Jurnalis lepas di beberapa media dan backpacker, diawal bergabung dengan Cendana News, Henk Widi fokus pada pemberitaan wisata dan kearifan lokal di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Twitter: @Henk_Widi
Lihat juga...