Realisasi PAD Kota Balikpapan Baru Capai 77,5 Persen

Kantor pelayanan pembayaran BPHTB dan PBB
BALIKPAPAN — Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Balikpapan Muhammad Noor menyebutkan, perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Balikpapan saat ini telah mencapai 77,5 persen dari target sebesar Rp539 miliar. 
Menurut realisasi perolehan PAD itu terlihat dari penerimaan pajak yang ditangani seperti pajak penggunaan jalan, air tanah, pajak reklame dan lainnya sudah mencapai 84 persen. 
Muhammad Noor 
“Apabila dari sisi penerimaan pajak yang kami tangani sendiri seperti pajak penggunaan jalan, air tanah, pajak reklame, dan lainnya, sudah mencapai 84%,” terangnya, Kamis (12/11/2015).
Sedangkan prediksi peningkatan penerimaan daerah dari sektor perhotelan belum dapat dipastikan karena penerimaan sesuai tingkat okupansi perhotelan, mengingat tahun ini saja ada mengalami penurunan okupansi.
“Kalau okupansi hotel itu kan tergantung juga dengan ada atau tidaknya acara atau kegiatan yang diselenggarakan di Balikpapan. Oleh karena itu, kalau instansi-instansi bisa menarik kegiatan agar bisa dilaksanakan di sini, pasti penerimaan dari sektor perhotelan juga meningkat,” sambung Noor.
Dia mengatakan untuk tahun depan perolehan PAD belum ditetapkan. Akan tetapi ia memprediksikan akan terjadi kenaikan penerimaan dari penetapan zona nilai tanah yang saat ini tengah disusun oleh Bappeda Balikpapan. 
Sementara itu, Ketua DPRD kota Balikpapan Abdulloh menyebutkan pendapatan daerah tahun 2016 diprediksi mencapai Rp2,55 triliun. Sehingga dalam pelaksanaan di tahun 2016, Pemkot Balikpapan harus terus menggenjot pendapatan daerah oleh dinas terkait seperti retribusi dan sumber pendapatan lainnya untuk menutup defisit.
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Lihat juga...