RSAL TNI AL Dr. Mintohardjo Layani Terapi Hyperbaric Bagi Umum

Petugas yang menjaga stand RS TNI AL
JAKARTA — Rumah Sakit TNI AL Dr. Mintohardjo yang beralamat di Jalan Bendungan Hilir Raya No 17, Jakarta Pusat, tidak hanya untuk khusus untuk melayani keluarga anggota TNI AL saja, namun juga melayani pasien masyarakat umum.
Salah satu andalan dari rumah sakit ini adalah mempunyai terapi Hyperbaric yang sangat memadai, yang mampu menampung sebanyak 24 pasien. Hyberparic chamber menjadi solusi terapi bagi penderita dekompresi akibat penyelaman, tuli mendadak, kebugaran sampai penyembuhan luka untuk penderita diabetes, luka bakar, keracunan gas karbon monoksida dan rehabilitasi paska bagi penderita stroke. 
Proses terapinya, pasien dimasukkan ke dalam tabung ( chamber ) yang diisi dengan udara bertekanan 2.5 Atmosfir Absolut ( ATA ) atau setara dengan kedalaman 15 meter di dalam air laut, pasien menggunakan masker yang diberi oksigen cair 100 persen murni. Lama terapi sekitar dua jam, setiap 30 menit, pasien diberi waktu istirahat 5 menit. Istirahat 5 menit sangat diperlukan agar pasien tidak keracunan ( intoxikasi ) oksigen.
Pelayanan terapi hiperbaric di RSAL Dr. Mintohardjo buka setiap hari Senin – Jumat, dimulai 07:30 WIB, 09:30 WIB dan 11:30 WIB. Setiap pasien pemula dikenakan biaya awal sebesar Rp. 450.000. Biaya administrasi konsultasi dokter Rp. 120.000, biaya registrasi Rp. 30.000, sedangkan biaya sekali terapi Rp. 300.000, kemudian seterusnya pasien hanya dikenai biaya Rp. 300.000 setiap kali datang. 
Zuster Winarti, Kepala Ruangan Kamar Udara Bertekanan Tinggi ( KUBT ) RSAL Dr. Mintohardjo  mengatakan, RSAL Dr. Mintohardjo sejak tahun 1970 an telah membuka pelayanan terapi Hyberparic kepada masyarakat umum yang membutuhkan terapi pengobatan. 
“Kami mempersilahkan kepada siapa saja warga masyarakat yang akan terapi bisa langsung mendatangi ruangan Hyperbaric Center, disana ada petugas yang siap melayani, jelasnya.[JURNALIS : EKO SULESTYONO]
Foto Terapi
Lihat juga...