Rumput Gajah Mini, Pilihan Favorit Untuk Membuat Taman

MALANG — Axonopus compressus atau yang lebih dikenal dengan nama Rumput Gajah Mini merupakan salah satu jenis rumput yang sering digunakan dalam membuat sebuah taman. Kemampuan daya hidupnya yang tinggi serta tahan terhadap cuaca, membuat rumput gajah mini menjadi pilihan favorit bagi masyarakat yang ingin mempercantik halaman rumahnya. 
Sauri (63) salah satu petani rumput gajah mini menceritakan bahwa sudah sejak 10 tahun lebih dirinya mulai membudidayakan rumput gajah mini dan menjadi satu-satunya di Desa Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kota Malang.
Menurutnya budidaya rumput gajah mini sama seperti budidaya tanaman lain yaitu yang pertama tanah di olah terlebih dahulu dengan cara digemburkan kemudian diberi pupuk. Setelah lahan siap kemudian bibit rumput gajah mini ditanam dan disiram.
“Awalnya saya dapat bibit rumput gajah mini dari Bandung, tapi sekarang sudah punya persediaan bibit sendiri,”ungkapnya.
Diatas lahannya seluas 700 meter persegi ini, Sauri setiap hari melakukan perawatan yaitu dengan cara penyiangan rumput liar dan pemberian pupuk setiap 15 hari sekali.
Untuk kesulitan atau masalah yang sering dihadapi dalam budidaya, Sauri mengaku tidak mengalami kesulitan dalam budidaya rumput gajah mini karena menurutnya rumput gajah mini merupakan rumput yang bandel karena tahan diberbagai kondisi cuaca.
“Mau musim penghujan atau musim kemarau, rumput ini tetap bisa hidup dengan baik,”akunya.
Sauri menjelaskan, rumput gajah mini miliknya sudah bisa dipanen menginjak usia dua bulan setelah tanam.
“Setelah dua bulan biasanya saya panen dan langsung saya jual ke pembeli yang biasanya langsung datang ke sini dengam harga Rp.15.000,- per meter persegi” tutupnya.

JURNALIS : AGUS NURCHALIQ

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur/Malang. Gabung dengan Cendana News Maret 2015. 

Akun twitter : @shugabst2

Lihat juga...