Saat Pelabuhan Tradisional dan Modern Berdampingan

Fotografi
Saat Pelabuhan Tradisional dan Modern Berdampingan
Karya : Henk Widi
Lokasi, Lampung, Kamis, 19 November 2015
BERITA FOTO — Bakauheni Lampung Selatan berada di ujung Pulau Sumatera menjadi pelabuhan tersibuk di Asia Tenggara untuk jenis kapal Roll on Roll Off(Roro). Sekitar 22 hingga 27 kapal beroperasi setiap hari melintasi Selat Sunda datang dan menuju Pelabuhan Merak Provinsi Banten.
Pelabuhan modern yang memiliki fungsi penyeberangan orang dan distribusi barang tersebut bersentuhan langsung dengan pelabuhan tradisional milik nelayan setempat. Berjarak hanya sekitar 100 meter bahkan membuat dua pelabuhan tersebut seperti melakukan aktifitas bersamaan meskipun jenis kapal yang berbeda.
Cendana News mengabadikan aktifitas nelayan di Pelabuhan atau dermaga Muara Piluk Kecamatan Bakauheni saat akan melakukan aktifitas harian melaut pada Rabu (18/11/2015) sore. Beberapa perahu nelayan bahkan mulai berangkat melaut di perairan Selat Sunda bersamaan dengan kapal kapal ferry jenis Roro yang melakukan olah gerak dan bongkar muat di dermaga Pelabuhan Bakauheni.
Nelayan mulai melepaskan tali tali yang tertambat di kapal sambil tetap memperhatikan arah dan alur kapal Roro yang akan bersandar di 7 dermaga di pelabuhan Bakauheni. Terkadang kapal tradisional milik nelayan harus bersabar menunggu lalulintas kapal penumpang untuk menghindari kecelakaan laut.
Dua pelabuhan yang saling berdampingan dan menjadi motor penggerak perekonomian di Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa serta sumber perputaran ekonomi masyarakat nelayan. Menjadikan kesan negara maritim yang kehidupan masyarakatnya mengandalkan lautan sebagai penghubung antar pulau. Ratusan nelayan tradisional bergantung pada perairan Selat Sunda untuk mencari ikan sebagai mata pencaharian. Pergi saat senja dan pulang membawa hasil tangkapan pada keesokan harinya atau beberapa hari kemudian ke daratan membawa hasil tangkapan berbagai jenis ikan. 
Aktifitas kapal tradisional nelayan di dermaga Muara Piluk Bakauheni dan sebagian aktifitas kapal Roro yang bersandar di Pelabuhan Bakauheni tergambar dalam lensa CDN berikut ini:

Lihat juga...